Foto Ilustrasi (Sumber viva.co.id)

SERANG, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Serang rencananya akan menyebarkan bantuan beras sebanyak 225 ton untuk masyarakat yang terdampak pademi Covid-19. Rencananya bantuan beras akan diberikan pada 10 Oktober 2020 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Ke-13 Kota Serang.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Serang Edinata Sukarya mengatakan, pemberian bantuan beras akan dilakukan secara bertahap. Dari 225 ton beras pada tahap pertama, 70 ton diantaranya akan diserahkan ke Kecamatan Kasemen.

“Pas bertepatan hari ulang tahun Kota Serang, penyaluran beras akan kembali dilakukan. Secara simbolis akan diserahkan oleh Pak Walikota Serang (Syafudin) ke Kecamatan Kasemen,” katanya di temui di kantornya,” Selasa (4/8/2020).

Dipaparkan Edinata, sistem penyaluran beras sendiri tidak dilakukan secara langsung kepada warga. Tetapi nantinya akan dibagikan ke masing-masing rumah warga melalui kelurahan.

“Kami (Distan) akan menyalurkan kepada kelurahan. Nanti ketua kelompok ini yang akan membagikan kepada masyarakat,” paparnya seraya menjelaskan, pihaknya saat penyaluran akan memantau langsung ke lokasi.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Pangan Distan Kota Serang Andriyani, saat ini pihaknya tengah mendata warga yang menerima bantuan beras tersebut.

“Data penerima ini harus tepat, apalagi ini kan nanti akan di SK (surat keputusan) dari Walikota Serang. Sebenarnya data final sesuai target itu sudah selesai tinggal finalisasi saja,” kata Andriyani.

Lebih lanjut, pihaknya masih menyusun mekanisme pendistribusian beras tersebut. Mekanisme dianggap penting untuk meminimalisir kecurangan.

“Saat ini kami sedang merancang bagaimana mekanisme pendistribusianya. Gambaran awal pendistribusian untuk golongan masyarakat yang terdampak diberikan kepada ketua kelurahan. Sementara untuk golongan lain seperti petani akan diberikan kepada kelompok tani. Jadi lebih simple dan mudah,” pungkasnya. (SSC-03/Red)