Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto bersama jajaran meninjau Pelaksanaan vaksinasi diatas kapal penyenerangan, KMP Batu Mandi di Dermaga 6 Eksekutif, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Rabu (7/7/2021). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Ditengah penerapan PPKM Darurat, pemerintah gencar melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Salah satunya layanan vaksinasi diberikan Polda Banten kepada pengguna jasa di atas kapal penyeberangan Pelabuhan Merak, Kota Cilegon.

Pelaksanaan yang digelar pertama diatas KMP Batu Mandi di Dermaga 6 Eksekutif, Pelabuhan Merak ditinjau langsung oleh Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto bersama jajaran, Rabu (7/7/2021). Dalam tinjauan tersebut, sopir kendaraan umum/truk logistik menjadi sasaran prioritas tampak begitu antusias.

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di atas kapal penyeberangan merupakan program dalam mendukung percepatan akselerasi vaksinasi Covid-19 nasional.

Ia menyatakan, layanan kepada pengemudi atau pembantu pengemudi kendaraan logistik diberikan di atas kapal melihat banyak yang belum menjalani vaksinasi dikarenakan status pekerjaan. Pelaksanaan tersebut dilaksanakan di atas kapal juga untuk menghindari kemacetan.

Baca juga  Bahas RPJMD 2021-2026, Pansus DPRD Cilegon Temukan Banyak Penyusunan Program Menyimpang Permendagri

“Kalau kita lakukan di pintu masuk pada saat membeli tiket atau ditempat verifikasi, akan terjadi kemacetan. Untuk itu pak Kapolda berinisiatif, untuk menggelar layanan vaksinasi di kap ferry ini. Untuk memanfaatkan waktu perjalanan 1-2 jam pada saat bergerak atau pada saat kembalinya,” ujarnya.

Kabid menuturkan, pada penerapan PPKM Darurat di Pelabuhan Merak memang khusus pengemudi maupun pembantu pengemudi kendaraan logistik diwajibkan membawa surat keterangan negatif rapid test antigen saat menyeberang. Sementara untuk sertifikat vaksin dosis pertama tidak diwajibkan.

Oleh karena itulah, Polda Banten seiring pelaksanaan PPKM Darurat pro aktif melaksanakan vaksinasi kepada pengemudi dan pembantu pengemudi kendaraan logistik di atas kapal penyeberangan.

Baca juga  Wali Murid SDN di Cilegon Keluhkan Pembelian Buku Paket Ditengah Pandemi

“Karena tidak diwajibkan itulah, pak Kapolda Banten berinisiatif mempercepat pelayanan dalam rangka vaksinasi massal. Karena sopir truk mendapat skala prioritas, tidak dibebankan kartu vaksin karena pekerjaannya melintas antar kota sehingga kita pro aktif memberikan pelayanan disini,” ungkapnya.

Ia menyatakan, terobosan layanan vaksinasi tersebut baru diberikan di kapal penyeberangan PT ASDP. Ke depan jika animo pengguna jasa tinggi, pelayanan akan ditambah.

“Untuk dosisnya saat ini 60 dosis. Kalau animo tinggi akan kita tambah,” terang Edy.

Sementara, pengemudi kendaraan logistik, Idris mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 diatas kapal. Ia mengaku senang dapat mengikuti vaksinasi ditengah perjalanannya dari Subang, Jawa Barat ke Lampung.

“Senanglah, karena baru kali ini divaksin. Selama ini belum pernah,” ujar Idris usai divaksinasi. (Ronald/Red)