CILEGON, SSC – Rencana Pemerintah Kota Cilegon membangun gedung Setda (Sekretariat Daerah) akhirnya terealisasi. Hanya saja dari rencana awal di 2018 akan dibangun enam lantai kini gedung tersebut hanya mampu dibangun pemkot menjadi empat lantai. Belum diketahui alasan mengapa pemkot mengubah desain, proyek pekerjaan gedung menghabiskan anggaran sebesar Rp 23.017.925.000 dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Kota Cilegon 2019.

Untuk diketahui, tender pembangunan gedung Setda  ini dimenangkan oleh PT Aura Hutaka selaku pelaksana proyek dan PT Benattin Surya Cipta sebagai manajemen konstruksinya. Masa pelaksanaan proyek dikerjakan selama 165 hari kalender. Pengerjaan pembangunan gedung Setda empat lantai ini juga diketahui akan dikawal dari Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

Kepala Bidang Cipta Karya pada Dinas PUTR Kota Cilegon Mugni, membenarkan jika proyek ini telah mulai dikerjakan. Pengerjaan proyek ini, usai ditetapkan pemenang lelang pekerjaan proyek tersebut.

“Sudah mulai dikerjakan. Pembangunan Gedung Setda empat lantai ini kan merupakan program prioritas Walikota di RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menangah Daerah) 2016-2021. Tentunya harus segera dilaksanakan,” katanya.

Ia menambahkan, pembangunan Gedung Setda empat lantai ini ditargetkan dapat rampung diselesaikan pada Desember 2019 mendatang.

“Kami targetkan selesai di Desember 2019. Pembangunan ini juga, kami menggandeng TP4D dan Manajemen Konstruksi untuk pembangunan ini,” tambahnya.

Ia menjelaskan, gedung ini nantinya akan di tempati oleh beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang belum memilik kantor alias mengontrak.

“Prioritas ya ke OPD yang belum memiliki kantor dinas,” jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUTR Kota Cilegon Muhammad Ridwan menjelaskan, jika dimulainya pekerjaan pembangunan Gedung Setda ini mengacu pada surat perintah kerja. Gedung sudah dikerjakan sejak 11 Juli 2019.

“Kami berharap pembangunan ini tidak ada permasalahan,” pungkasnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here