Perbaikan infrastruktur Jalan Lingkar Selatan salah satunya di STA 0, lampu merah PCI sudah mulai dikerjakan, Rabu (2/8/2023). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Proyek perbaikan infrastruktur di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Kota Cilegon sudah mulai digarap oleh Kementerian PUPR, Rabu (2/8/2023).  Proyek perbaikan itu diantaranya perbaikan saluran, trotoar hingga perbaikan jembatan.

Pantauan selatsunda.com, seperti Jalan Lingkar Selatan STA 0 tepatnyacdekat lampu merah PCI tampak terdapat sebuah alat berat. Di lokasi, pekerja juga tampak mulai melakukan pembongkaran paving blok. Sementara di area jalan terlihat dipasangi pembatas.

Kepala Bidang Bina Marga (BM) Dinas PUPR Kota Cilegon, Retno Anggraeni dikonfirmasi membenarkan sudah dimulainya pekerjaan perbaikan infrastruktur di JLS oleh Kementerian PUPR.

Retno menyatakan, pada proyek perbaikan infrastruktur di JLS yang yang dibangun Pusat lewat bantuan dana Inpres Jalan Daerah senilai Rp 112 miliar itu meliputi tiga pekerjaan. Tiga Pekerjaan itu yakni pekerjaan perbaikan sekmen 1, sekmen 2 dan perbaikan jembatan.

Baca juga  Bawaslu Cilegon Ungkap Data Orang Meninggal Rawan Terdaftar Jadi Pemilih

“Betul, pekerjaan sudah mulai dari minggu lalu. Kita sudah rapat dengan BPJN, mensinkronkan segala sesuatunya,” ujar Retno.

Retno menjelaskan, pekerjaan sekmen 1  meliputi 3 paket pekerjaan perbaikan yakni perbaikan saluran, trotoar dan perbaikan jalan.

“Pekerjaan sekmen satu itu, memperlebar saluran, trotoar dan juga jalannya dibeton. Kalau tidak salah, itu mulai dari STA 0 sampai STA 1.500. Untuk salurannya, diperlebar. Kemudian trotoar juga diperbaiki sementara jalannya nanti dibeton,” ujarnya.

Untuk pekerjaan perbaikan sekmen 2 juga meliputi paket pekerjaan yang sama dengan sekmen 1. Hanya lokasi perbaikannya berbeda.

“Untuk sekmen 2 modelnya hampir sama, cuman sekmen 2, kondisinya agak lebih parah. Jadi yang diperbaiki sama dengan sekmen 1, mulai dari saluran, trotoar dan jalannya di perbaiki. Pekerjaan sekmen 2 yang ada di depan Cilegon Park,” tuturnya.

Baca juga  Perumda Cilegon Mandiri Bisnis Air Kemasan, Komisi III DPRD Cilegon Ingatkan Pelayanan Utama Jangan Terlupakan

Selain dua pekerjaan itu, infrastruktur lain juga diperbaiki. Pada paket pekerjaan ketiga, Kementerian PUPR menggarap perbaikan jembatan. Retno menyatakan, dalam perbaikan itu ada sebanyak 12 jembatan yang diperbaiki.

“Untuk yang paket ketiga itu perbaikan jembatan. Jadi ada sebanyak 12 jembatan. Itu perkiraannya hanya, perbaikan bangunan atasnya,” terangnya.

Sejauh ini, kata Retno, pihaknya pada pekerjaan itu sifatnya hanya membantu untuk mengkoordinasikan hal-hal yang diperlukan. Karena seluruh pekerjaan, kata Retno, dikerjakan oleh Pusat.

“Kita hanya membantu koordinasi saja, semisalnya harus berhubungan dengan LH, kita koordinasi, ada berhubungan dengan Perkim, kita koordinasi,” pungkasnya. (Ronald/Red)