Istri Menteri Sosial, Grace Claudia Batubara menghibur anak-anak korban banjir Lebak di Pengungsian yang ada di Dodiklakpur Rindam III Siliwangi, Kecamatan Sajira, Selasa (21/1/2020). Foto Ronald/Selatsunda.com

LEBAK, SSC – Anak-anak yang tinggal di pengungsian tampak terhibur dengan layanan trauma healing yang diberikan Kementerian Sosial sejak Istri Menteri Sosial, Grace Claudia Batubara tiba di Depo Pendidikan dan Pelatihan Pertempuran Rindam III Siliwangi, Kecamatan Sajira, Selasa (21/1/2020). Raut wajah makin terlihat ceria saat anak-anak diajak bernyanyi oleh seorang relawan Kemensos ditengah kehadiran istri Mensos Grace.

Sesaat kemudian, Grace yang juga Dewan Penasehat Dharma Wanita langsung membaur dan bernyanyi bersama anak-anak dan para orangtua. Ditengah layanan psikososial, Grace juga memberikan bantuan logistik, seragam sekolah dan bantuan lainnya.

Grace usai kegiatan mengatakan, kunjungannya ke Lebak untuk memberi Layanan Dukungan Psikososial (LDP) kepada korban yang terdampak banjir. Layanan itu diberikan untuk memulihkan trauma para korban pasca bencana.

“Kami datang membawa layanan psikososial untuk anak-anak, kami juga sudah banyak mengunjungi. Kami dibantu oleh kementerian pendidikan kebudayaan kami membawa seragam sekolah ,” ujarnya.

Ia menyatakan, layanan psikososial akan terus dilakukan selama korban terdampak bencana masih membutuhkan.

“Selama itu dibutuhkan oleh masyarakat yang terdampak banjir kami siap untuk membantu,” tuturnya.

Sebelum mengunjungi Dodiklatpur, Grace mengunjungi Pondok Pesantren La Tansa di Kecamatan Cipanas. Kepada korban banjir, pihaknya memberi bantuan sebesar Rp 700 juta. Diantaranya Santunan Ahli Waris Rp 165 juta, Logistik tanggap darurat Rp 90 juta, Seragam Sekolah Rp 435 juta dan perelngkapan korban pengungsian Rp 70 juta.

“Kami membawa bantuan logistik, memberikan uang untuk ahli waris, karena ada 9 yang meninggal dunia. Untuk total dari Kemensos ada 700 juta, sebelumnya Rp 2,9 miliar. Ini semua kita berikan bagi yang terdampak banjir,” pungkasnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here