CILEGON, SSC – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon mencatat sebanyak 34 pemudik terserang ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan) dan kelelahan saat arus mudik Lebaran 2019. Hal ini berdasarkan data yang diterima Selatsunda.com, terhitung sejak H-7 hingga H-5 sebelum (29 Mei hingga 31 Mei 2019) hari raya Idul Fitri 1440 H di posko mudik.

Berbagai jenis gangguan kesehatan yang dialami pemudik yaitu, 19 orang menderita penyakit ISPA dan 15 kasus untuk Hipertensi.

“Kebanyakan kasus yang kami tangani di posko yaitu penyakit ISPA dan Hipertensi. Sementara untuk pemudik yanh kami layani di posko sebanyak 145 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon, Arriadna kepada Selatsunda.com melalui pesan singkat Whatsapp, Sabtu (1/6/2019).

Nana menambahkan, pada Lebaran ini, Dinkes Cilegon membangun lima posko mudik dimana lokasinya ditempatkan di beberapa titik. Antara lain di Terminal Merak, Land Mark Kota Cilegon, Jalan Lingkar Selatan (JLS) area Pondok Cilegon Indah (PCI), JLS area Ciwandan, dan Terminal Seruni.

“Posko-posko yang didirikan ini dilengkapi dengan peralatan medis dan ambulan di setiap posko mudik,” ucapnya.

Nana menghimbau, agar para pemudik dapat menjaga stamina saat mudik. Pemudik juga diminta untuk tetap menjaga pola makan dan tetap melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here