CILEGON, SSC – Realisasi investasi berdasarkan izin usaha tahun 2018 di Kota Cilegon mencapai Rp 8,2 Triliun. Berdasarkan informasi yang dilansir Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cilegon, realisasi investasi ini berdasarkan adanya pertambahan baik Perusahaan Modal Asing (PMA) dan Perusahaan Modal Dalam Negeri (PMDN) yang mengajukan ijin usaha. Realisasi investasi untuk PMA mencapai Rp 7,45 triliun sementara PMDN mencapai Rp 798 Miliar.

Plt Kepala DPMPTSP Cilegon, Dana Sujaksani menyebutkan, pertumbuhan investasi di Kota Cilegon masih tergolong cukup baik untuk tahun 2018 ini. Pertumbuhan investasi pada PMA mencapai Rp 158 Triliun dan PMDN Rp 26,8 Triliun. Artinya, laju pertumbuhan investasi mencapai 4,67 persen.

“Di rencana investasi tahun 2018, untuk PMA dari 13 perusahaan yang direncanakan, realisasinya 11 perusahaan dengan besaran investasi RP 7,446 Triliun. Sementara untuk PMDN, rencananya 19 perusahaan, realisasinya 1 perusahaan dengan nilai investasinya Rp 798 miliar,” ujarnya.

Ia mengakui, jika rencana perusahaan yang berinvestasi di Cilegon pada tahun ini belum sesuai target. Ia memperkirakan, belum terealisasinya itu karena dipengaruhi kondisi ekonomi saat ini.

“Setahu saya tidak ada (kendala). Mereka (investor yang berencana investasi) tidak menarik diri, hanya saja belum masuk,” paparnya.

Untuk tahun 2019, lanjut Dana, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI menetapkan target investasi di Cilegon sebesar Rp 5,7 triliun. Target itu, kata Dana, ditetapkan berdasarkan pengajuan izin usaha, izin prinsip, izin lokasi yang masuk di BKPM. Hingga saat ini, beberapa pengajuan masih berproses baik di pusat dan daerah.

“Buat kita kan, kita lebih banyak menunggu dari pusat. Rencana investasi kan berdasarkan izin prinsip dan itu yang mengeluarkan BKPM. Realisasinya, izin usaha, itu sama juga, dari pusat. Jadi kalau mereka sudah ada izin prinsip, mereka siap bangun, baru ke daerah. Semua ini masih berjalan,” paparnya. (Ronald/Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini