KPU Kabupaten Pandeglang menetapkan Irna Narulita-Tanto Arban dan Thoni Mukson-Miftahul Tamamy sebagai dua pasangan calon bupati dan wakil bupati Pandeglang, Rabu (23/9/2020). Foto Istimewa

PANDEGLANG, SSC – KPU Kabupaten Pandeglang resmi menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati Pandeglang. Kedua paslon yakni Irna Narulita-Tanto Warsono Arban dan Thoni Mukson-Miftahul Tamamy akan berkontestasi di Pilkada Pandeglang 2020.

Penetapan tersebut berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pandeglang Nomor : 309/HK.03.1-Kpt/3601/KPU-Kab/IX/2020 tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang Tahun 2020.

Ketua KPU Kabupaten Pandeglang, Ahmad Suja’i mengatakan, KPU kota/kabupaten sebagaimana diatur dalam pasal 68 Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2020 tentang perubahan keempat atas PKPU Nomor 3 Tahun 2017 menjalankan tugas dan fungsi
sebagai lembaga penyelenggara pemilu menetapkan pasangan calon.

Tepat pada Rabu (23/9/2020), KPU Kabupaten Pandeglang menetapkan dua pasangan calon bupati dan wakil bupati Pandeglang yakni Irna-Tanto dan Thoni-Imat.

Baca juga  Warga Kepuh Keluhkan Hujan Debu Batubara dari Pabrik Industri

Penetapan tersebut telah melalui mekanisme tahapan pilkada. Dari Hasil Berita Acara Penelitian, berkas kedua paslon telah memenuhi syarat (MS) tanpa perbaikan penelitian.

“Jadi tidak ada dokumen perbaikan karena sudah memenuhi syarat,” ungkapnya dikonfirmasi.

Ia menyatakan, pihaknya pada penetapan tersebut telah mengumumkan dua paslon lolos ke tahap berikutnya dengan menyerahkan salinan SK penetapan paslon kepada perwakilan tim penghubung kedua paslon, parpol pengusung dan Bawaslu Kabupaten Pandeglang.

“Jadi di Pandeglang sudah resmi kita tetapkan ada dua pasangan calon. Yang pertama berdasarkan urutan kedatangan pendaftaran itu ibu Irna Narulita SE, MM dan Tanto Warsono Arban, SE ME. Itu diusung oleh 9 parpol. Kedua itu Thoni Mukson dan wakilnya Miftahul Tamamy dan sudah memenuhi syarat,” paparnya.

Paslon setelah penetapan, kata dia, akan mengikuti tahapan berikutnya yakni pengundian nomor urut. Secara beririsan berdasarkan PKPU Nomor 5 Tahun 2017, paslon juga diminta untuk membuat rekening dana kampanye paling lambat satu hari setelah penetapan.

Baca juga  Warga Kepuh Keluhkan Hujan Debu Batubara dari Pabrik Industri

Nantinya, lanjut Suja’i, penyerahan rekening tersebut akan disampaikan pada Jumat 25 September 2020 bersamaan dengan penyerahan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK).

“Itu tentu ada batasan waktu, tidak lebih dari pukul 18.00 WIB pada tanggal 25 September,” pungkasnya.

Diketahui, Irna-Tanto yang merupakan calon petahana maju di Pilkada Pandeglang diusung 9 parpol. Yakni PDIP, Golkar, PKS, PAN, Partai Demokrat, NasDem, PBB, Gerindra dan Perindo. Sementara paslon yang menantang petahana yakni Thoni Fatoni Mukson-Imat Miftahul Tamamy. Mukson-Imat maju berkontestasi diusung 2 parpol yakni PPP dan PKB. (Ronald/Red)