Keempat paslon yang berkontestasi di Pilkada Kota Cilegon menunjukan nomor urut setelah pengundian oleh KPU Cilegon di Hotel Royale Krakatau, Kota Cilegon, Kamis (24/9/2020). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Empat pasangan calon (paslon) walikota dan wakil walikota Cilegon 2020 mengikuti pengundian nomor urut peserta yang diselenggarakan oleh KPU Cilegon.

Pada pelaksanaan pengundian nomor urut yang digelar di Hotel Royale Krakatau, Kamis (24/9/2020), seluruh paslon terlihat hadir diantaranya Ali Mujahidin (Mumu)-Firman Mutakin (Lian), Iye Iman Rohiman-Awab, Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta dan Ratu Ati Marliati-Sokhidin.

Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi mengatakan, pengambilan nomor urut pasangan calon walikota dan wakil walikota Cilegon merupakan salah satu momentum yang sangat penting dari rangkaian tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Cilegon 2020. Pada pengambilan nomor urut ini sudah sesuai dengan PKPU Nomor 13 tahun 2020.

Baca juga  Tak Serahkan PSU, Pengembang Perumahan di Kota Serang Terancam Sanksi Pidana

“Nanti nomor urut para calon tersebut, akan dicantumkan dalam surat suara APK (Alat Peraga Kampanye), bahan kampanye dalam tahapan Pilkada 2020 yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang,” kata Irfan dalam sambutannya pada Rapat Pleno Terbuka Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020, Kamis (24/9/2020).

Irfan menambahkan, dalam tahapan pengambilan nomor urut ini berbeda dengan tahapan pilkada sebelumnya. Di mana, dalam PKPU 13 tahu 2020 yang hadir dalam pengambilan nomor urut calon walikota dan wakil walikota Cilegon, dibatasi.

“Sebelum PKPU baru ini terbit memang diperbolehkan semua pihak termasuk unsur muspida menghadiri pengundian ini. Namun, karena ada perubahan, akhirnya, yang hadir dalam pengundian hanya 12 orang,” tandasnya.

Baca juga  Diduga Rem Blong, Truk Pengangkut Cairan Kimia Terguling di SPBU Grogol

Dalam rapat pleno pengundian dan penetapan nomor urut tersebut, paslon Mumu-Lian mendapatkan nomor urut satu. Pasangan ini merupakan calon jalur independen.

Sedangkan untuk paslon Ati-Sokhidin yang
diusung oleh 4 (empat) partai politik yakni Golkar, Gerindra, NasDem dan PKB dengan jumlah kursi di DPRD 20 kursi, mendapat nomor urut 2.

Selanjutnya, pasangan calon Iye-Awab yang diusung 3 partai politik yakni PAN, Partai Demokrat dan PPP dengan 8 kursi di DPRD, mendapat nomor urut 3.

Untuk paslon Helldy-Sanuji mendapat nomor urut 4 (empat). Keduanya diusung Partai Berkarya dan PKS dengan 8 (delapan) kursi DPRD Cilegon. (Ully/Red)