Hujan mulai mengguyur sejumlah daerah di Banten. Seperti yang terjadi di Kota Cilegon, Rabu (1/11/2023). Foto Ronald/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Sejumlah wilayah di Provinsi Banten mulai turun hujan. Hari ini, Rabu (1/11/2023), hujan mengguyur beberapa wilayah yang ada di Kota Cilegon, Kota Serang dan juga Kabupaten Pandeglang.

Hujan di Kota Cilegon terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Hujan dengan intensitas ringan ini terjadi hanya sekitar 15-20 menit.

Petugas Pengolahan Data dan Pelayanan Jasa pada BMKG Kota Serang, Dian mengatakan, saat ini memang sebagian wilayah di Provinsi Banten turun hujan. Hujan mulai turun saat Oktober dasarian II.

“Untuk Oktober dekade 2, prakiraan hujan itu di wilayah Pandeglang bagian timur, Kabupaten Serang bagian tengah, Lebak bagian barat laut, dan wilayah Kabupaten Lebak bagian tengah. Untuk Banten ke arah selatan memang ada yang sudah masuk musim hujan di dekade 2,” ujarnya.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Ia menyatakan, memasuk awal bulan November (Dasarian I) ini hujan diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Pandeglang bagian barat, Kabupaten Serang bagian selatan, Pandeglang bagian utara.

Masuk pada Dasarian II, hujan diperkirakan terjadi di beberapa wilayah diantaranya Kabupaten Lebak bagian barat, Pandeglang bagian timur, kabupaten Lebak bagian timur, Kabupaten Serang bagian tenggara, Kabupaten Tangerang bagian selatan, dan Kabupaten Lebak bagian timur laut, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang bagian tenggara.

Sementara, pada November Dasarian III, hujan diprediksi terjadi yaitu di daerah Kabupaten Lebak bagian selatan, Kota Serang bagian selatan dan Kabupaten Serang bagian tengah.

“Wilayah Banten itu sudah masuk musim hujan, mulai Oktober II sampai Desember III,” paparnya.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Ia menyatakan, saat ini memang sudah mulai masuk peralihan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan. Pihaknya mengimbau agar masyarakat dapat meningkatkan kewaspdaan dengan potensi bencana saat musim hujan.

“Jadi masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan dengan hujan lebat disertai angin kencang. Kita juga memberikan peringatan dini untuk kewaspadaan ini,” terangnya. (Ronald/Red)