Sekda Kota Cilegon, Maman Mauludin. Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Banten mulai melakukan pemeriksaan Laporan Keuangan Kota Cilegon 2023. Mengenai hal ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon, Maman Mauludin meminta agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) segera bergerak cepat menyusun laporan keuangan.

Sekda Maman tak menampik jika berkaca pada tahun-tahun sebelumnya OPD masih lambat dan hasilnya tidak maksimal. Akibat tidak maksimalnya penyusunan laporan keuangan tersebut, salah satunya menjadi temuan dari BPK. Oleh karenanya, Maman meminta agar pada pemeriksaan saat ini OPD dapat terus melaporkan perkembangan laporan keuangannya.

“Kebiasaan teman-teman suka menunda-nunda laporan keuangan. Akibatnya, saat dilakukan pemeriksaan, semua jadi ga maksimal. Semestinya, persoalan ini jangan terjadi lagi agar tidak jadi masalah. Setiap bulan, mereka musti melaporkan perkembangan keuangan sehingga tidak jadi masalah,” kata Maman kepada Selatsunda.com, Selasa (30/1/2024).

Baca juga  Seleksi Calon Paskibraka Cilegon 2024 Dijamin Tak Ada Titipan

Adik Mantan Walikota Cilegon, Edi Ariadi ini mengungkapkan, pemeriksan BPK menjadi agenda rutin untuk memeriksa laporan keuangan hingga pencatatan aset.

“Ada beberapa persiapan yang harus dilalukan oleh OPD. Selain laporan keuangan, beberapa laporan lain juga harus tersedia. Jangan sampai OPD tak bisa menyerahkan berkas yang diminta oleh auditor BPK,” ujar Maman.

Diantaranya, berkas laporan operasional, laporan perubahan equitas hingga berkas aset.

“Dilihat dari sebelumnya, pemeriksaan akan dilakukan tanpa pemberitahuan. Auditor BPK akan langsung mendatangi kantor OPD untuk meminta berkas kegiatan,” pungkas Maman.

Diberitakan sebelummya, Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Banten menyambangi Pemerintah Kota  Cilegon, Senin (29/1/2024). Kedatangan BPK Banten ini untuk menjalani pemeriksaan Laporan Keuangan Pemkot Cilegon Tahun 2023. (Ully/Red)