Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cilegon menggelar seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Cilegon Tahun 2024, Selasa (27/2/2024). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Seleksi calon Paskibraka Kota Cilegon tahun 2024 resmi dibuka. Sebanyak 290 peserta lolos seleksi paskibraka administrasi. Seleksi ini dijamin berjalan dengan profesional. Selama proses seleksi peserta diharapkan bisa dengan baik melewati tahapan-tahapan yang ditetapkan oleh tim seleksi.

Diungkapkan langsung, Plh Kabid Bina Ideologi Wasbang pada Kesbangpol Kota Cilegon, Firman Hendiprayoga menyampaikan seleksi anggota paskibrakan Kota Cilegon 2024 tanpa “mahar” dan titipan siapapun. Bahkan, semua seleksi peserta langsung terhubung langsung ke BPIP (Badan Pendidikan Ideologi Pancasila).

“Di sini tidak ada anak emas atau titip menitip. Semua berkas pendaftaran calon peserta paskibra melalui sistem online bernama Aplikasi Transparansi Paskibraka. Semua berkas pendaftaran yang diterima dari tim juri langsung dipantau oleh pusat melalui aplikasi transparansi tersebut,” kata Firman kepadq Selatsunda.com ditemui usai kegiatan Seleksi Anggota Paskibraka di Aula Kominfo Setda Kota Cilegon, Selasa (27/2/2024).

Baca juga  Pemkot Cilegon Masih Kaji Rencana Pemindahan RKUD ke Bank Banten

Firman menjelaskan, dalam perekrutan calon peserta paskibraka terdapat tahapan yang ditempuh. Usai mendaftar lolos seleksi administrasi, peserta kemudian mengikuti beberapa tahapan lainnya yakni seleksi TIU dan TWK. Selanjutnya tes kesehatan, tes parade, PBB dan samapta, dan tes wawancara.

“Yang masuk aplikasi transparansi paskibraka kemarin, ada 290 peserta yang hari ini mengikuti seleksi administrasi,” ujarnya.

“Dari 290 peserta yang ikut seleksi administrasi itu, nanti akan mengerucut sampai terpilih sebanyak 54 orang,” ungkapnya.

Soal APBD 2024 untuk penyelenggaraan seleksi Paskibraka, pada tahun ini Badan Kesbangpol Kota Cilegon menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,4 miliar. Anggaran ini lebih tinggi dibandingkan 2023 sebesar Rp 1,2 miliar. (Ully/Red)