JAKARTA, SSC – Dalam memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI dan Hari Konservasi Alam Nasional, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melaksanakan aksi penanaman ribuan bibit pohon. Bibit pohon dengan jumlah 4.050 bibit ini ditanam di 27 cabang dari Sabang sampai Merauke.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan, selama 50 tahun, ASDP telah menjalankan misi penting bukan hanya untuk menyatukan Indonesia dengan menghubungkan pulau-pulau di Nusantara namun juga memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

“ASDP telah menjadi tulang punggung konektivitas, memungkinkan mobilitas masyarakat, barang, dan jasa, serta menghadirkan layanan yang tak hanya mempermudah perjalanan, tetapi juga memberikan manfaat sosial dan ekonomi yang besar bagi masyarakat luas,” ungkap Ira dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/8/2023).

Ira menyatakan, penanaman 4.050 bibit pohon yang dilakukan oleh ASDP tersebut sejalan dengan kampanye Safety Habit 3J yang mencakup Jaga Diri, Jaga Alat, dan Jaga Lingkungan dan tujuan keberlanjutan. Kegiatan ini menjadi bentuk kepedulian insan ASDP terhadap lingkungan yakni menjadikan udara lebih bersih, mengurangi dampak pemanasan global, menyerap polusi udara, dan membantu mencapai target emisi nol pada tahun 2060 serta menjawab isu dekarbonisasi.

Sementara, Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengungkapkan, ratusan bibit pohon buah, pohon pelindung, dan pohon hias telah diterima langsung oleh seluruh cabang ASDP.

“Penanaman 4.050 pohon tersebut dilaksanakan serentak di 27 cabang ASDP sebagai momentum peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia yaitu Kamis (17/8). Program penanaman pohon ini juga merupakan kolaborasi Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 1 (tanpa kemiskinan), nomor 6 (Air Bersih dan Sanitasi Layak), nomor 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), nomor 13 (Perubahan Iklim), nomor 15 (Kehidupan di Darat), dan nomor 17 (Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan),” jelasnya.

Lanjut Shelvy, program penanaman pohon ini telah diselenggarakan di Pontianak, Lembar, Ketapang, Kayangan, Baubau, Banda Aceh, Sape, Batulicin, Danau Toba, dan Padang.

Ia juga mengungkapkan, ASDP sebagai operator kapal terbesar di dunia yang mengoperasikan 216 unit kapal dan 34 unit Pelabuhan memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga kelestarian lingkungan. “Kami berharap 4.050 pohon yang akan ditanam di lingkungan pelabuhan tersebut dapat dijaga, dipelihara, dan dirawat dengan baik sehingga dapat menjaga keberlanjutan lingkungan dan memperkuat upaya pelestarian alam khususnya di sekitar Pelabuhan,” terangnya.

“Melalui penanaman bibit pohon serentak di seluruh cabang ini, kami berharap dapat memberikan inspirasi bukan hanya ke masyarakat tapi juga ke seluruh Ferizyan sebagai agen perubahan dalam menciptakan dunia yang lebih hijau,” tutur Shelvy.

Dalam perayaan HUT ke-78 RI tersebut, Ira juga menyampaikan kutipan Presiden pertama Ir. Soekarno yang selaras dengan  mengatakan ‘Negara Republik Indonesia ini bukan milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke’.

“Hal ini sudah selaras dengan apa yang kita canangkan bersama, bahawa setiap Ferizyan dalam kesehariannya selalu menjalankan tiga (3) purpose: personal purpose, corporate purpose, noble purpose. (tujuan pribadi, tujuan korporasi, dan tujuan mulia). Selaras juga dengan komitmen ASDP untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat, melayani setiap pengguna jasa dengan tulus dan rasa tanggung jawab tanpa memandang latar belakang agama, etnis, atau budaya,” ujarnya. (Red)