Para Narapidana berbuka puasa bersama keluarga saat di Lapas Kelas III Kota Cilegon, Jumat (17/5/2019). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Rasa senang bercampur haru terlihat pada wajah para narapidana di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III Kota Cilegon. Tepat hari ini, Jumat (17/5/2019), mereka mendapatkan momentum berharga bisa berbuka puasa bersama dengan keluarga.

Dengan tempat yang cukup sederhana, para napi ini berbagi kehangatan dengan keluarganya. Makanan yang dibawa oleh keluarga untuk berbuka pun terlihat menjadi pengerat hubungan silaturahmi. Kegembiraan pun terpancar di seluruh raut baik napi dan keluarga pada bukber ini.

Salah satu napi, Rahmat Bin Saleh mengaku sangat senang dengan kegiatan buka bersama keluarga yang dilakukan di Lapas Cilegon. Menurutnya, bukbet ini merupakan suatu kesempatan yang begitu berharga untuk dirinya karena dapat melepas rasa kangen bersama keluarga.

“Senang banget acara buka bersama kali ini. Soalnya, kita bisa melepas rasa kangen dengan keluarga dengan lama. Soalnya, kalau biasa hanya sebentar doang waktunya? Apalagi momen buka bersama ini momen paling ditunggu oleh para napi di sini (Lapas III Cilegon,red),” kata Rahmat kepada awak media usai buka bersama,Jumat (17/5/2019).

Ia menuturkan, buka puasa ini baru pertama kali dirasakan olehnya. Ia baru saja menjalani 1 tahun hukuman penjara dari vonis 3 tahun uamg dijatuhkan kepadanya. Pria asal Sulawesi ini memanjatkan rasa syukurnya kepada Tuhan karena masih diberi kesempatan bertemu dengan keluarga san teman-trman terdekatnya.

“Kebetulan saya dikenakan sanksi penjara selama 3 tahun di sini. Rasa kangen memang ada, tapi harus kuat ngejalanin semua ini,” tuturnya.

Tak jauh berbeda yang dirasakan oleh Rahmat, napi lainnya, Nana Hanjalna mengucapkan banyak terima kasih kepada Kalapas Cilegon yang telah menggelar buka bersama dengan keluarga narapidana.

“Moment Ramadan tahun ini sangat kami tunggu-tunggu. Karena momen penuh damai bisa berkumpul lama dan gobrol lama dengan keluarga. Jarang-jarang bisa kumpul lama sama keluarga di sini. Pokoknya kangen banget bisa bukber bersama keluarga kali ini,” pungkasnya.

Kalapas Kelas III Kota Cilegon, Heri Ari Susila mengatakan, kegiatan buka bersama ini merupakan agenda tahunan digelar pihaknya dalam memperingati bulan suci Ramadan.

“Kegiatan ini sebagai bentuk perhatian kami pada para warga binaan di sini,” kata Heri.

Menurut Heri, dari jumlah napi sebanyak 1274 orang yang ada di Lapas Cilegon, 200 orang diantaranya mengikuti buka puasa bersama keluarga. Selebihnya, ada narapidana yang keluarganya diluar daerah Cilegon. Ia berharap, momentum ini dapat digunakan napi untuk melepas kerinduan mereka kepada keluarga.

“Jadi minimal keluarga yang berbuka puasa dengan napi ini minimal 3 orang. Ini kita berikan agar bisa mendekatkan lagi antara keluarga napi dengan pihak lapas,” ucapnya. (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?