Ilustrasi. Orang tua siswa mendaftar PPDB di salah satu SMP Negeri Cilegon. (Foto Dok Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Sebanyak 1.129 anak di Kota Cilegon dinyatakan tidak lolos pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Cilegon.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon Heni Anita Susila mengatakan, berdasarkan jumlah pendaftar  PPDB untuk SMP di Kota Cilegon ada sebanyak 4.397 orang.

“Kuota SMP Negeri itu ada 3.268 orang, yang mendaftar ada 4.397 orang, berarti memang ada yang tidak lolos sekitar 1.129 orang,” Selasa (2/8/2024).

Heny menyampaikan, adapun SMP yang ada di Kota Cilegon berjumlah sekitar 53 sekolah, dan 15 di antaranya merupakan sekolah negeri.

“Untuk lulusan SD tahun 2024 ini ada sekitar 7.676 orang dan kalau untuk lulusan SMP ada 4.572 orang,” ujarnya.

Baca juga  Pengurus DPW ISAA Banten 2024-2028 Dilantik, Ini yang Disampaikan Ketum DPP Aris

Mantan Sekdis Dispora Cilegon ini juga meminta kepada para orangtua yang anaknya tidak masuk negeri untuk mendaftarkan ke sekolah swasta. Ia mengatakan masih ada beberapa yang masih buka pendaftarannya sampai saat ini.

“Keterbatasan ruang kelas juga di sekolah negeri jadi kuota terbatas. Tapi kasian juga swasta kalau semua masuk negeri. untuk SD justru ini lebih kuotanya. Jangan sampai anak-anak putus sekolah hanya karena tidak masuk sekolah negeri,” imbaunya.

Lebih lanjut, diungkapkan Heni, adapun SMP Negeri yang masih kekurangan murid seperti SMPN Satu Atap, diantaranya untuk kelas 7 hanya 9 orang, kelas 8 hanya 11 orang, kelas 9 hanya 10 orang.

“Data lulusan SD kenapa tidak semua masuk kuota negeri, mungkin sebagian sudah ada yang mendaftar ke swasta terlebih dahulu, atau mungkin ke pesantren, keluar kota. sementara lulusan SMP kayanya di Kota Cilegon sebagian besar daftarnya,” ungkapnya. (Ully/Red)