CILEGON, SSC – Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cilegon tahun 2017 membengkak.  Silpa sebesar Rp 158,96 Miliar itu terungkap saat Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi LKPJ Walikota Cilegon Tahun Anggaran 2017 di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kota Cilegon, Rabu (4/7/2018).

Salah satu juru bicara seluruh fraksi DPRD Kota Cilegon, Erik Erlangga mengatakan, dari tahun ke tahun, sisa anggaran yang dihasilkan oleh Pemkot Cilegon terus membengkak. Alhasil, pembengkakan silpa ini diperkirakan mencapai 20 persen setiap tahunnya.

“Dari tahun ke tahun sisa anggaran yang dihasilkan terus naik. Hampir diperkirakan sisa anggaran yang dihasilkan dari tahun ke tahun mencapai 20 persen atau semakin tinggi,” kata Erick saat menyampaikan pembacaan hasil LKPJ Walikota 2017.

Erick menjabarkan, dari sektor Pendapatan terealisasi sebesar Rp1,70 triliun diantaranya dari pendapatan asli daerah  sebesar Rp652 miliar atau terserap sekitar 85 persen. Sementara, pada sektor belanja daerah yang direncanakan sebesar Rp2,06 triliun hanya teralisasi sekitar Rp 1,75 triliun  atau terserap sekitar 85,28 persen.
Pada sektor pajak daerah hanya tercapai sekitar 84,80 persen atau sekitar Rp 455,92 miliar. Pada sektor retribusi daerah hanya tercapai sekitar Rp15,59 miliar atau sekitar 76,22 persen. Begitu juga dengan Dana Perimbangan hanya teralisasi sekitar 96,51 persen atau sekitar Rp 847,02 miliar dan belanja modal hanya terserap 74,42 persen atau Rp 570 miliar.

“Kami meminta agar Plt Walikota Cilegon (Edi Ariadi) dan Sekda Kota Cilegon (Sari Suryati) untuk bisa mempertanggungjawabkan dan menjawab semua ini. Bahkan, setiap tahun silpa terus membengkak hingga 20 persen,” lanjutnya.

Ia meminta, agar penyebab dan kendala banyaknya sisa anggaran yang tidak terserap ini dapat dipertanggungjawabkan dengan sehingga tidak menghambat program yang telah disusun bersama.

“Kami berharap, semua program yang sudah disusun ini tidak terganggu. Bahkan, kami juga meminta agar penyebab dan kendala banyaknya silpa bisa ditekan,” harapnya. (Ully/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here