Walikota Cilegon Helldy Agustian didampingi Sekda, Maman Mauludin dan Kadiskominfo, Agus Zulkarnain berbincang bersama wartawan saat menyampaikan pencapaian serapan APBD 2023 Cilegon, Kamis (4/1/2024). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Realisasi anggaran Kota Cilegon Tahun 2023 mencapai 85,87 persen atau sebesar Rp1,74 triliun. Dengan serapan anggaran ini menjadikan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) di 2023 dapat ditekan. Silpa Tahun 2023 mencapai Rp 85 Miliar atau turun signifikan dibandingkan tahun sebelumnya yang tembus Rp 315 miliar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Maman Mauludin mengatakan, terserap maksimalnya anggaran dan ditekannya Silpa ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa dibandingkan tahun sebelumnya. Menurutnya seluruh program sudah berjalan dengan sangat baik.

“Alhamdulillah seluruh program telah berjalan dengan baik, termasuk program yang menjadi janji politik pak Wali Kota dan Wakil Walikota Cilegon. Jadi, untuk tahun 2024 ini kita akan terus sempurnakan program-program yang sudah berjalan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Maman Mauludin kepada awak media.

Baca juga  Seleksi Calon Paskibraka Cilegon 2024 Dijamin Tak Ada Titipan

Menurut Maman, pencapaian prestasi ini berkat kerjasama semua tim yang berjuang bersama-sama dalam menekan dan menurunkan Silpa Kota Cilegon.

“SILPA di bawah Rp100 miliar.  Itu hasil kerja tim yang baik, saya harus apresiasi dan berkat dukungan masyarakat,” Maman.

Mantan Kepala BPKPAD Cilegon ini menyatakan, tak hanya terkait capaian serapan anggaran yang maksimal, tapi kinerja OPD di Lingkup Pemkot Cilegon juga diacungkan jempol pihaknya.

“Kinerja OPD (Organisasi Perangkat Daerah) juga cukup baik. Saya sudah minta OPD menyiapkan laporannya maksimal tanggal 10 Januari ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, capaian serapan APBD 2023 itu sangat baik dan jauh lebih tinggi dibandingkan dari tahun sebelumnya.

Baca juga  PDAM Kota Cilegon Targetkan Tekan Kebocoran  Hingga Dibawah 20 Persen di 2024

“Kami berterimakasih kepada semua pihak, bahwa capaian positif tersebut tidak terlepas dari kinerja semua jajaran aparatur dan dukungan masyarakat Kota Cilegon,” katanya.

Dalam hal ini, Mantan Kepala Cabang Tunas Toyota menyatakan tak berpuas diri dengan yang telah dihasilkan. Ia akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. (Ully/Red)