DPW Partai Berkarya Banten HMP mengadakan Tasakuran sekaligus rapat pembahasan menghadapi Pemilu 2024 saat di Kantor DPW, Kota Serang, Senin (31/5/2021) malam. Foto Ronald/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Loyalis Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra (HMP) di Provinsi Banten terus memanaskan mesin partai politik. Jika sebelumnya pada Maret lalu, loyalis HMP di Cilegon menggelar deklarasi dan bulan lalu mengadakan Rapat Pleno Diperluas DPW hingga menetapkan Mukhibat sebagai Plt Ketua dan Didi Sunardi sebagai Plt Sekretaris Partai Berkarya Banten HMP, kini puluhan baik pengurus, kader dan simpatisan kembali mengadakan pertemuan lanjutan.

Pada Senin (31/5/2021) malam tepatnya di Kantor DPW Berkarya Banten HMP berlokasi di Kota Serang, loyalis menggelar Tasakuran sekaligus merapatkan barisan membahas persiapan Pemilu 2024. Hadir dalam agenda pertemuan tersebut, Koordinator Bidang Politik Tim Sembilan Partai Berkarya, Jazuli Isa.

Koordinator Bidang Politik Tim Sembilan Partai Berkarya, Jazuli Isa memberi pengarahan

Koordinator Politik Tim Sembilan Partai Berkarya, Jazuli Isa mengatakan, baik Plt Ketua Mukhibat dan Plt Sekretaris Didi yang telah ditunjuk DPP diinstruksikan untuk melakukan konsolidasi internal partai. Konsolidasi pengurus di tingkat provinsi hingga kota/kabupaten ini dilakukan untuk persiapan verifikasi faktual partai menghadapi pemilu 2024.

“Memang rentetan dari pertemuan-pertemuan kemarin, itu adalah mata rantai untuk persiapan pemilu 2024. DPP menginstruksikan kepada Berkarya DPW Banten untuk menyusun pengurus mulai provinsi hingga tingkat kota kabupaten,” ujarnya.

Jajaran pengurus Partai Berkarya HMP di Banten diminta kembali untuk konsolidasi, kata dia, menindaklanjuti gugatan yang dikabulkan PTUN Jakarta pada awal Mei lalu. Seluruh jajaran Berkarya HMP di Banten dengan batas waktu hingga Oktober mendatang sudah harus terbentuk.

Baca juga  Wali Murid SDN di Cilegon Keluhkan Pembelian Buku Paket Ditengah Pandemi

“Paling lambat oktober siap semua,” terangnya.

Jazuli menyadari, sejak muncul dualisme kepemimpinan baik kubu HMP dan Muchdi PR hingga konflik partai berujung gugatan di PTUN, banyak pengurus HMP yang tercerai berai. Bahkan diantaranya banyak yang membelot. Salah satunya Walikota Cilegon, Helldy Agustian yang tadinya sempat menjabat Ketua DPW Berkarya Banten di barisan HMP banting stir menjadi Ketua Beringin Karya Banten kubu Muchdi PR.

Jazuli tidak menampik, akibat konflik dualisme itu terjadi kekosongan pengurus di kubu HMP. Namun saat ini dengan dikabulkannya gugatan Ketum HMP atau Tommy Soeharto di PTUN, Berkarya HMP kembali membangun soliditas.

“PTUN kan sudah menetapkan, sudah mengesahkan pak Tommy dan membatalkan Muhdi PR. Sekarang ini pak Helldy kesana (kubu Muhdi PR), sementara saat ini dengan keputusan Kemenkumham, gugatan pak Tommy dikabulkan, di kubu kita (HMP) terjadi kekosongan. Maka dari itu, kita hari ini tetapkan Plt untuk konsolidasi DPW dan DPD,” paparnya.

Sementara, Plt Sekretaris DPW Berkarya Banten HMP, Didi Sunardi menyatakan, pihaknya pasca rapat pleno diperluas langsung bergerak cepat melakukan konsolidasi internal partai. Dari 8 DPD di tingkat kota/kabupaten, 3 DPD diantaranya telah menyatakan siap terbentuk kepengurusan.

Baca juga  Bahas RPJMD 2021-2026, Pansus DPRD Cilegon Temukan Banyak Penyusunan Program Menyimpang Permendagri

“Yang sudah solid itu Cilegon, sudah satu langkah lebih ke depan. Untuk dapil 2 lain seperti Kabupaten Serang, Kota Serang juga sudah siap. Yang lain masih proses,” terangnya.

Ia optimis hingga Juni nanti seluruh pengurus partai dari tingkat provinsi hingga 8 kota/kabupaten telah siap.

“Kita konsolidasi secara penuh mulai hari ini. Juni akhir kepengurusan partai sudah selesai,” tandasnya.

Dilokasi yang sama, Plt Ketua DPD Berkarya Cilegon, Rebudin mengaku telah siap untuk membentuk struktur dan pengurus di wilayahnya. Dengan adanya instruksi DPP pada 21 Mei lalu langsung dari Sekjen Berkarya, Priyo Budi Santoso mengetahui Ketum Berkarya Hutomo Mandala Putra, ia yakin kekuatan Berkarya di Banten akan kembali bangkit dan berjaya.

“Ketum memandatkan kepada Plt Ketua, pak Mukhibat dan Plt Sekretaris DPW, pak Didi lewat surat ini untuk langsung melakukan konsolidasi. Kemudian pada malam ini juga sekaligus adalah Tasakuran dan silaturahmi, hadir pula pak Jazuli representatif DPP. Beliau datang disini untuk mengkonsolidasi seluruh jajaran Berkarya di tanah Banten,” pungkasnya. (Ronald/Red)