Kepala Cabang PT Windu Karsa Merak, Togar Napitupulu tengah berbicara dengan petugas ASDP gangway Dermaga 2, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon saat uji coba manifes online, Senin (20/5/209/19). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Uji coba pemberlakuan sistem manifes berbasis online di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Senin (20/5/2019) dilanjutkan. Setelah sebelumnya PT ASDP pada Jumat, (17/5/2019) lalu melakukan uji coba sistem kali pertama.

Pantauan selatsunda.com, petugas ASDP terlihat melakukan uji coba di Dermaga II sekitar pukul 15.15 WIB. Namun uji coba di gangway ke penumpang pejalan kaki itu batal dilakukan karena tidak terdapat jaringan internet. Hadir saat itu dilokasi sejumlah Kepala Cabang operator kapal di Pelabuhan Merak yang mendampingi ASDP baik Kepala Cabang PT Windu Karsa Merak, Togar Napitupulu, Kepala Cabang PT SMS Kertanegara Merak, Wasington dan Kepala Operasi PT Damai Lintas Bahari Cabang Merak, Damanik, Kepala PT Surya Timur Line Cabang Merak, Taslim.

Belum bisa uji coba di dermaga 2, petugas dan rombongan mencoba untuk melakukan uji coba di Dermaga 3. Uji coba yang rencananya akan dilakukan terhadap penumpang kendaraan, tampak tidak juga dilaksanakan. Terlihat petugas sibuk memegang alat manifes menyerupai telepon genggam. Kendaraan yang mengarah ke kapal terlihat melintas dan masuk kedalam kapal tanpa uji coba. Pasalnya, uji coba gagal dilaksanakan lantaran jaringan di dermaga itu tidak terdapat sinyal internet.

Petugas ASDP dan rombongan perusahaan pelayaran hendak melakukan ujicoba manifes online di Dermaga 3, Pelabuhan Merak.

“Sudah, bubar, bubar. Gagal,” ujar salah seorang   kepala cabang perusahaan pelayaran di lokasi.

“Katanya jaringannya nggak ada,” sambung dia.

Hingga pukul 16.42 WIB, petugas ASDP belum  melakukan uji coba. Petugas tampak beranjak dari dermaga 3 kembali ke kantor ASDP Merak. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?