BOJONEGARA, SSC – Kapal Tugboat Motorola 901 Tenggelam di Perairan Bojonegara, Kabupaten Serang, Kamis (3/5/2018). Diduga Tugboat tenggelam karena tali saat menarik Kapal Ferry Jatra II Putus. Dua dari tiga kru kapal dinyatakan selamat, sementara nahkoda masih belum ditemukan.

Informasi yang dihimpun selatsunda.com, kejadian tenggelamnya TB Motorola terjadi sekitar pukul 16.00 wib. Sebelum terjadi insiden itu, Motorola 901 sedang mengaxis KMP Jatra II untuk keluar dari jety 1 SMI usai melakukan docking. Saat ditengah perairan, tali toing kanan putus dan tugboat langsung miring dan tenggelam. Dua kru kapal tugboat itu, Afrison selaku Kepala Kamar Mesin (KKM) dan juru kemudi kapal, Safudin berhasil selamat dengan meloncat kelaut. Sementara Nahkoda Kapal, Hendra Gunawan belum ditemukan. Sekitar pukul 17.00 wib, dua kru kapal itu berhasil diselamatkan oleh Tugboat Motorola 106 dan dievakuasi oleh Tugboat Wahana 2 ke perairan yang aman. Petugas SAR baik Ditpolair Polda Banten dan Basarnas Banten yang mendapati informasi itu langsung terjun kelokasi.

“Yang satu nahkoda belum, masih dalam pencarian. Yang lain selamat, cuman satu yang belum ketemu,” ungkap Dirpolair Polda Banten, AKBP Nunung Syaifudin dikonfirmasi.

Untuk mencari korban tenggelam, kata Dirpolair, pihaknya menerjunkan dua kapal patroli dilokasi kejadian. Disinggung soal dugaan penyebab kecelakaan laut itu, sambungnya, dapat dipastikan terjadi bukan karena faktor cuaca namun diduga karena adanya kesalahan teknik ketika tugboat tengah menarik kapal ferry.

“Kita turunkan dua kapal patroli, untuk melakukan pencarian. Sementara, kami hentikan dulu pencarian. Kami perkirakan, (dugaan, red) karena human error,” paparnya.

Sementara itu, Kasatrol Ditpolair Polda Banten, AKBP Noman Trisapto menambahkan, saat ini, pihaknya dan tim Basarnas Banten menghentikan pencarian korban tenggelam. Pencarian akan dilanjutkan pada esok hari.

“Kita akan melanjutkan besok. Mudah-mudahan, satu korban dapat kita ketemukan,” tandasnya (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here