Anggota mengikuti rapat paripurna di DPRD Cilegon. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Usai Panitia Khusus (Pansus) Tata Tertib (Tatib) DPRD Kota Cilegon dibentuk beberapa hari lalu, sejumlah anggota langsung melakukan pelesiran ke kota Surabaya. Para wakil rakyat ynag belum lama dilantik ini akan studi banding terkait pembentukan Tatib. Hal ini terungkap saat kegiatan Rapat Paripurna Pembentukan Pansus Tatib sendiri telah ditetapkan melalui rapat paripurna yang digelar Kamis (26/9/2019).

Ketua DPRD Kota Cilegon Endang Effendi menargetkan, mampu menyelesaikan penyusunan tatib DPRD Kota Cilegon paling lama 1 bulan.

“Kalau dilihat dalam aturan, hanya butuh waktu sekitar 1 bulan, tapi kami menargetkan selesai pekan depan. Mengapa, karena memang terkait Tatib DPRD Kota Cilegon, hanya butuh perubahan sejumlah pasal. Selebihnya sama dengan periode sebelumnya,” kata Endang.

Baca juga  Video Geng Motor Acungkan Pedang di Jalanan Kota Serang Viral

Endang menambahkan, saat ini jumlah komisi di Kota Cilegon bertambah atau menjadi 4 komisi. Dimana pada periode sebelumnya hanya berjumlah 3 komisi.

“Jumlah komisi sebelumnya 3 kali ini menjadi 4 komisi. “Untuk jumlah Baperda dari sebelumnya 15 menjadi 10 anggota,” tambahnya.

Senada disampaikan Endang, Wakil Ketua II DPRD Kota Cilegon Nurrotul Uyyun menjelaskan, saat ini pansus tata tertib sedang menyusun beberapa agenda kegiatan yang terkait. Salah satunya melakukan komparasi ke Kota Surabaya untuk melihat perbandingan dalam penyusunan tatib.

“Ini untuk kepentingan alat pembanding penyusunan tatib,” tuturnya.

Politisi PKS menerangkan, dipilihnya DPRD Surabaya karena telah menyelesaikan penyusunan Tatib.

“Di Surabaya sama kayak di Cilegon. Jumlah komisinya ada empat. Mirip sekali dengan apa yang akan diterapkan disini,” ucapnya seraya menegaskan, usai melakukan komparasi ke Surabaya, pihaknya juga akan melakukan konsultasi langsung ke Gubernur Banten Wahidin Halim (WH). Hal ini sesuai arahan PP no 12 tahun 2018 tentang Tatib,” pungkasnya. (Ully/Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini