Plt Kasie PTM & Keswa Dinkes Cilegon, Sumira melakukan vaksinasi kepada penyandang disabilitas, Selasa (7/9/2021). Foto Dokumentasi Dinkes Cilegon

CILEGON, SSC – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon mencatat vaksinasi Covid-19 kepada penyandang disabilitas di Kota Cilegon baru mencapai 52 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon Ratih Purnamasari mengatakan, dari data Dinas Sosial ada sebanyak 2.025 orang penyandang disabilitas di Cilegon. Dari jumlah tersebut, 1.059 orang diantaranya telah divaksinasi.

“Hingga Senin 6 September kemarin sudah mencapai 1.059 orang disabilitas,” kata Ratih kepada Selatsunda.com, Selasa (7/9/2021).

Lebih lanjut, mantan Kabid  Perlindungan Sosial dan Perlindungan Masyarakat Penanganan Farkir Miskin pada Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon menjelaskan, penyandang disabilitas divaksinasi dengan dua jenis vaksin. Untuk disabilitas usia 12-17 tahun disuntik dengan vaksin Sinovac. Sedangkan usia 18 tahun ke atas diberi vaksin Sinopharm.

Baca juga  Begini Tanggapan Walikota Helldy Komentari Pernyataan Iman Ariyadi

“Vaksin kepada disabilitas diberikan kepada yang memiliki Nomor Induk Kependudukan,” ujarnya.

Ratih optimis, capaian vaksinasi kepada disabilitas dapat sesuai target. Dengan harapan kekebalan tubuh dapat terus ditingkatkan.

“Yang terpenting kekebalan tubuh kita terus meningkat, kita ikhtiar dengan vaksin sehingga Covid-19 terus melandai,” ujarnya.

Sementara, Plt Kepala Bidang P2P Dinkes Cilegon, Febrinaldo menjelaskan, vaksinasi untuk disabilitas telah digelar sejak 10 Agustus 2021 lalu. Vaksinasi diharapkan dapat terus berlanjut hingga tercapai pemberian dosis kedua.

“Kami menargetkan besok vaksinasi untuk penyandang disabilitas bisa mencapai 100 persen untuk vaksin pertama untuk disabilitas mental dan disabilitas fisik,” pungkasnya. (Ully/Red)