Seorang pelajar disuntik vaksin Covid-19 saat pelaksanaan vaksinasi Volgwagen Indonesia di Sport Center Krakatau Steel, Kota Cilegon, Selasa (7/9/2021). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Volkswagen Indonesia Association (VIA) melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 terhadap ribuan pelajar swasta di Kota Cilegon, Selasa (7/9/2021). Vaksinasi kepada pelajar dibawah naungan Yayasan Pendidikan Krakatau Steel (YPKS) diselenggarakan selama 3 hari dengan menyasar 1.700 pelajar.

Hadir dalam pelaksanaan vaksinasi yang digelar di Sport Center Krakatau Steel, Walikota Cilegon, Helldy Agustian, Direktur SDM PT Krakatau Steel, Rahmat Hidayat, Mantan Wakapolri Komjen Pol (Pur) Nanan Soekarna yang menjabat Ketua Umum Volkswagen (VW) Indonesia, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten, Ongky Sedya Dwi Sasangka, Ketua VW Indonesia Cabang Cilegon, Agus Sutanto dan pejabat lainnya.

Para pelajar menjalani skrining oleh petugas medis sebelum divaksinasi

Ketua Umum Volkswagen (VW) Indonesia,
Komjen Pol (Pur) Nanan Soekarna mengatakan, vaksinasi pelajar terselenggara atas kerja sama VW Indonesia, YPKS dan KKP Banten. Tujuannya mendukung pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi nasional.

Baca juga  Begini Tanggapan Walikota Helldy Komentari Pernyataan Iman Ariyadi

Ia menyatakan, vaksinasi di Kota Cilegon untuk masyarakat umum sudah mencapai 40 persen. Dengan vaksinasi diharapkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh (herd immunity) para pelajar terhadap bahaya Covid-19.

“Ini dalam rangka mendukung program pemerintah dan juga meningkatkan imun, meningkatkan herd immunity,” ujar Nanan disela-sela kegiatan vaksinasi.

Panitia Volgwagen Indonesia Association saat di pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pelajar

Vaksinasi yang digelar di Cilegon merupakan daerah kedua setelah sebelumnya VW Indonesia melaksanakan kegiatan yang sama di DKI Jakarta. Dengan vaksinasi ini, kata Nanan, citra terhadap klub VW Indonesia diharapkan dapat menjadi positif. Kegiatan klub bukan dikenal hanya touring saja tetap juga berkontribusi positif membantu pemerintah mempercepat vaksinasi.

“Vaksinasi ini hal positif lah. Kita VW bukan hanya jalan-jalan saja, tetapi dengan ini membantu pemerintah juga,” terangnya.

Sementara, Ketua YPKS, Aris Subranta mengatakan, vaksinasi yang diselenggarakan tidak hanya untuk pelajar di 4 sekolah YPKS saja tetapi juga menyasar keluarga dan karyawan KS. Ia berharap, vaksinasi dapat sesuai dengan tujuannya. Yakni meningkatkan kekebalan tubuh pelajar dalam mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) yang saat ini tengah berlangsung.

Baca juga  KPU Cilegon Tindak Lanjuti PAW Anggota DPRD Meninggal Dunia

“Harapan kami, dengan vaksinasi ini pembelajaran tatap muka disekolah dapat aman,” tuturnya.

Sementara, Kepala KKP Banten, Ongky Sedya Dwi Sasangka menambahkan, vaksinasi untuk pelajar ini diberikan kepada pelajar usia 12-17 tahun. Kata Ongky, dosis vaksin pelajar tidak berbeda dengan dosis vaksin masyarakat umumnya.

Ia menyatakan, pelaksanaan vaksinasi pelajar di Cilegon yang diselenggarakan KKP Banten baru menyasar 2.200 orang. Selain YPKS, vaksinasi akan menyasar 500 pelajar di Yayasan Mutiara Bunda. Ia berharap, vaksinasi pelajar dapat terus berkelanjutan.

“Kita terus melakukan vaksinasi, termasuk kepada pelajar. Tidak lain untuk meningkatkan herd immunity,” pungkasnya. (Ronald/Red)