Proses pencairan bantuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tahap ke II di Kantor Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon Minggu (27/9/2020). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menyalurkan bantuan reguler, yakni bantuan sebanyak 1.780 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penyaluran bantuan disalurkan selama dua hari mulai Sabtu (26/9/2020) hingga Minggu (27/9/2020).

Pencairan pada hari pertama diterima oleh KPM di Kecamatan Citangkil, Kecamatan Ciwandan, Kecamatan Cilegon dan Kecamatan Jombang. Sementara hari berikutnya diterima KPM di Kecamatan Merak, Kecamatan Grogol, Kecamatan Purwakarta dan Kecamatan Cibeber.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Cilegon Achmad Jubaedi mengatakan, penyaluran bantuan reguler tersebut merupakan bantuan tahap ke II. Bantuan reguler ini kedua ini tidak jauh berbeda dengan bantuan tahap I di tahun yang sama.

“Per tahapnya penerima menerima pencairan Rp 500 ribu. Tahap kedua juga totalnya Rp 500 per keluarga. Jadi total yang diterima keluarga se dasar Rp 1 juta,” kata Jubaedi dihubungi Selatsunda.com melalui sambungan telepon, Minggu (27/9/2020).

Baca juga  Long Weekend, Kodim Cilegon Perketat Protokol Covid-19 di Wisata Anyer

Jubaedi menambahkan, anggaran penyaluran KPM yang disiapkan berasal dari anggaran reguler sebesar Rp 1,78 Miliar. Pencairannya melalui Bank BJB dan langsung dikirim ke rekening masing-masing penerima manfaat. Sehingga, tidak ada kekhawatiran adanya potongan.

“Kami berharap bantuan tersebut bisa meringankan beban dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama masa pandemi korona ini berlangsung,” tambahnya.

Terkait kondisi pademi covid-19 saat ini, sambung Jubaedi, pihaknya tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk mencegah kerumunan massa saat pengambilan bantuan.

“Protokol kesehatan biasa tetap dijaga. Kami juga tetap berkoordinasi dengan aparat kepolisan sehingga tidak menimbulkan kerumunan-kerumunan massa,” ujarnya.

Sementara itu, seorang warga di Kelurahan Cikerai, Aminah (55) mengatakan, uang bantuan dari Pemkot Cilegon dinilai sangat membantu kebutuhannya di tengah pandemi corona seperti saat ini.

Baca juga  Dibandingkan Idul Adha, Penumpang Pelabuhan Merak Saat Libur Maulid Nabi Turun 26 Persen

Ia mengaku akan menggunakan uang tersebut sebaik-baiknya untuk membeli kebutuhan pokok.

“Alhamdulilah dengan kondisi saat ini, kami menerima bantuan dari pemerintah. Cukup membantu untuk kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya. (Ully/Red)