ASN mengikuti apel pagi di halaman Kantor Pemerintahan Kota Cilegon. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Sebanyak 120 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemkot Cilegon akan menerima SK Purna Tugas atau Pensiun ASN tahun 2019.

Berdasarkan data yang dimiliki BKPP (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan) Kota Cilegon, untuk eselon II yang menerima SK pensiun sebanyak 26 orang, eselon III 10 orang, eselon IV sebanyak 13 orang, FT 76 orang dan FU sebanyak 15 orang.

Kepala BKPP Kota Cilegon, Mahmudin membenarkan jika sebanyak 120 ASN di Lingkup Pemkot Cilegon akan menerima SK Pensiun. Mayoritas ASN yang pensiun didominasi pendidik atau guru.

“70 persen ASN yang pensiun di dominasi oleh guru,” kata Mahmudin kepada Selatsunda.com, Kamis (18/7/2019).

Dikatakan Mahmudin, saat ini Surat Keputusan (SK) Pensiun bagi PNS yang pensiun bisa diterima enam bulan sebelum pegawai tersebut resmi pensiun. Hal tersebut setelah diberlakukannya sistem Penerapan Pensiun Otomatis (PPO).

“Saat ini pengurusan pensiun sudah online, jadi lebih cepat dan mudah, begitu juga untuk kepengurusan dana pensiunan,” terangnya.

Ia mengaku, pesiun ASN membuat kursi yang ditempati menjadi kosong. Utuk mengisi kekosongan ini, pihaknya berencana akan menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) di masing-masing OPD.

“Solusi mengisi kekosongan pejabat yang pensiun ini, kita tunjuk Plt di masing-masing dinas tersebut. Kalaupun ada pengisian pejabat karena pensiun, semua itu tergantung pada keputusan pimpinan (Walikota Cilegon,red),” tambahnya. (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?