Pengendara motor melintas di Jalan Cilegon-Merak, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon. (Foto Dok)

CILEGON, SSC – Sebanyak 16 personel Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon bakal dipersiapkan dalam mengatur kondisi jalan menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019 ini. Hal ini disampaikan Kepala Seksi Angkutan Lalu Lintas Jalan pada Dishub Kota Cilegon, Tuah Mamana Sitepu dikonfirmasi.

“Sebenarnya anggota ada 20 personel. Tapi, karena 3 orang sedang disersi dan beberapa lagi keluar, jadi personil hanya 16 orang. Meskipun ada 16 personel, secara kesiapan, kami telah siap dalam menghadapi libur panjang ini,” kata Tuah kepada Selatsunda.com, Selasa (18/12/2018).

Tuah mengaku, beberapa titik yang masih menjadi perhatian oleh personel di Dinas Perhubungan yakni Pelabuhan Mera dan  pusat rekreasi di Anyer. Selain itu, pengaturan jalur lalu lintas juga difokuskan di pusat perbelanjaan dan kegiatan masyarakat merayakan tutup tahun di dalam kota.

“Untuk di pelabuhan, bagaimana kita mengharapkan pemudik bisa sampai dengan mulus sampai menyebrang. Sedangkan untuk objek wisata sendiri akan fokus dari simpang JLS (Jalan Lingkar Selatan) hingga Anyer. Begitu pula di pusat perbelanjaan yang mungkin menawarkan banyak diskon ke masyarakat, itu jadi sentra kepadatan juga. Tiga titik ini tetap jadi menjadi konsen kami. Jangan sampai, batas wilayah yang kita perhatikan tapi di dalam kota terjadi macet parah,” ujar Tuah.

Menurutnya, libur Nataru 2019 ini relatif lancar dibandingkan libur lebaran sebelumnya. Ini dikarenakan, momentumnya tidak terkonsentrasi dalam waktu tertentu.

“Untuk libur di natal dan tahun baru relatif sedikit dibandingkan pada libur Lebaran. Bahkan, konsentrasinya tidak di waktu-waktu tertentu seperti di Lebaran. Untuk daerah tujuan pemudik pun kebanyakan tujuan ke Riau dan Sumatra Utara,” pungkasnya. (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?