Suasana Musyawarah Rencana Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel) yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Ciwedus, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Kamis (31/1/2019). Foto Edih Hariadi/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Sekitar 1.800 keluarga di Kota Cilegon menerima Jaminan Sosial Cilegon Mandiri (JSCM) dari Pemerintah Kota Cilegon. Jaminan ini merupakan salah satu program pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan.

Kepala Bidang Pelindungan Jaminan Sosial (Limjamsos) pada Dinas Sosial (Dinsos) Cilegon, Lucki Permadi mengatakan, program JSCM ini diberikan kepada warga yang tergolong dalam Rumah Tangga Sasaran (RTS) atau kurang mampu. Pemberian bantuan ini diatur dalam Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 7 tahun 2017 tentang Bantuan, Sumbangan, Kesejahteraan Rakyat dan Penanggulangan Bencana.

“Dalam PP ini sudah jelas, warga miskin di Cilegon berhak menerima bantuan JSCM. Untuk satu keluarga yang menerima bantuan sebesar Rp1 juta. Tahun ini, ada 1.800 keluarga yang bakal menerima JSCM,” kata Lucki saat ditemui dalam acara Musyawarah Rencana Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel) di Kelurahan Ciwedus, Kecamatan Jombang, Kamis (31/1/2019).

Soal RTS yang mendapatkan bantuan JSCM, kata dia, pemerintah mengacu kepada Basis Data Terpadu (BDT) dari Kementerian Sosial. Data ini selanjutnya divalidasi, sehingga warga RTS yang dianggap sudah mampu tidak diberikan kembali.

“Misalkan, kalau warga tersebut merupakan warga miskin, tapi dia tidak masuk ke JSCM, maka calon penerima harus laporan ke kelurahan untuk bisa menerima bantuan ini,” tambahnya.

Ia memaparkan, program JSCM ini bukan hanya membantu warga secara perekonomian saja namun diharapkan dapat juga terbantu untuk memenuhi kebutuhan dasar pangan, pendidikan, kesehatan dan asupan gizi. Untuk nilai bantuan pada program ini, lanjutnya, diberikan sebesar Rp1 juta per keluarga.

“Intinya sebagai pemerintah kami memiliki tanggungjawab untuk terus meningkatkan kualitas hidup warga, khususnya RTS, sehingga mereka bisa hidup dan mendapatkan fasilitas yang layak. Dan untuk satu keluarga berhak mendapatkan dana bantuan sebesar Rp1 juta,” paparnya. (MG-01)

Komnetar anda tentang berita diatas?