Salah satu jalan rusak yang telah diperbaiki oleh Dinas Pekerja dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cilegon. Foto dokumentasi Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cilegon akan memperbaiki 36 ruas jalan pada Tahun 2023. Perbaikan 36 ruas jalan akan menggunakan anggaran Rp 40 miliar.

Kepala Bidang Bina Marga (BM) Dinas PUPR Kota Cilegon, Retno Anggraeni mengatakan, 36 ruas jalan yang diperbaiki beberapa diantaranya Jalan Cigiceh, Kelurahan Gedong Dalem, Kecamatan Jombang, Jalan Sumampir-Martapura Kelurahan Kebon Dalem, Kecamatan Purwakarta dan JLS (Jalan Lingkar Selatan).

“Jalan Cigiceh Jalan Cigiceh anggaranya Rp 2 miliar dengan panjang jalan 700 meter, Jalan Sumampir-Martapura dengan nilai Rp 1,4 miliar dengan panjang 700 meter dan untuk JLS (Jalan Lingkar Selatan) yang kita kerjakan perapihan bahu jalan denga total 16 kilometer dan pembenahan saluran,” kata Retno kepada Selatsunda.com, Selasa (11/7/2023).

Ia menjelaskan, pada saat ini 36 ruas jalan yang akan dikerjakan sudah masuk tahap lelang di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (Barjas) Setda Kota Cilegon.

“Kemarin sudah di review. Mudah-mudahan bulan ini sudah bisa dikerjakan,” jelasnya.

Retno mengungkapkan, perbaikan jalan dalam perencanannya tidak terlalu spesifik jika dibandingkan seperti pembangunan gedung. Dalam pelaksanaan perbaikan jalan, pihaknya benar-benar memperhatikan kualitas dan kuantitas pekerjaan yang ada dikerjakan.

“Sekarang yang di lihat mutu dari jalan tersebut. Sebab, batas usia dari jalan itu 10 sampai 15 tahun. Meski begitu, saya juga minta agar kendaraan yang melintas di jalan tersebut tidak overload dan over kapasitas,” ujarnya.

Retno menyinggung perbaikan jalan yang telah dikerjakan selama 2022 lalu. Di mana ada sebanyak 48 ruas jalan yang dikerjakan dengan anggaran sebesar Rp 30 miliar.

Untuk tahun depan, DPUPR merencanakan perbaikan jalan dengan anggaran sebesar Rp 94 Miliar.

“Masing-masing anggaran untuk ruas jalan tersebut Rp 800 juta hingga Rp 5,6 miliar. Untuk 2024, kami sudah ajukan anggaran ke Bappedalitbang sebesar Rp 94 miliar,” pungkas Retno. (Ully/Red)