SERANG, SSC – Berbagai elemen baik TNI AL Banten, Ditpolaoruda Polda Banten, Basarnas Banten, POSSI Kota Cilegon dan elemen lainnya melakukan transpalansi terumbu karang di Pulau Sangiang, Kabupaten Serang, Senin (13/8/2019). Sebanyak 50 terumbu karang ditanam di perairan pulau terluar di Kabupaten Serang itu.

Danlanal Banten Letkol Laut (P) Golkariansyah yang hadir dalam kegiatan mengatakan, penanaman tersebut merupakan salah satu upaya mengajak sejumlah stakeholder di Banten untuk menjaga kelestarian alam bawah laut.

“Kita ingin mengajak save our sea, kita ingin menyelamatkan khususnya laut Banten,” ujarnya.

Danlanal menerangkan, penanaman ini terinisiasi oleh stakeholders yang peduli dengan ekosistem bawah laut. Karena, saat ini kondisi terumbu karang sudah mulai banyak mengalami kerusakan.

“Terumbu karang banyak yang rusak. Sebelum penanaman ini, kita pernah melaksanakan penyelaman juga, pengecekan, banyak terumbu karang yang rusak. Disitu timbul niat dari teman-teman juga, dari POSSI juga, menyelamatkan itu sendiri,” terangnya.

Ia berharap, seluruh elemen termasuk masyarakat yang ada di Banten dapat bersama-sama menjaga ekosistem bawah laut. Ia juga mengajak agar seluruh pihak dapat terus mengkampanyekannya.

“Harapan kita dengan ada kegiatan ini memancing masyarakat khususnya dan lainnya, menjaga kelestarian laut,” tandas dia.

Sementara itu, Ketua POSSI Kota Cilegon, Irfan Ali Hakim mengatakan, trasplantasi terumbu karang ini diharapkan dapat memperbaiki kondisi alam bawah laut. Karena dengan kondisi terumbu karang yang mulai banyak mengalami kerusakan dapat menganggu ekosistem lainnya.

“Transplanrasi ini tujuannya untuk merehabilitasi terumbu karang yang rusak. Kalau ini rusak tentunya menggangu biota laut lainnya. Maka dari itu, kita perlu memperbaikinya agar ekosistem yang ada di bawah laut lainnya bisa seimbang,” pungkasnya.

Selain Danlanal dan Ketua POSSI Cilegon, kegiatan juga dihadiri oleh Dirpolairuda Polda Banten, AKBP Noer Wiyanto, Kepala Basarnas Banten, Zaenal Arifin, Kapolres Cilegon, AKBP Rizky Agung Prakoso, Dandim 0623 Cilegon, Letkol Armed Rico Ricardo Sirait dan berbagai komunitas pecinta alam laut Banten. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here