Naskah Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil disimpan di SMPN 7 CIlegon. Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Sebanyak 7.644 siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) Sederajat di Kota Cilegon akan mengikuti Ujian Nasional (UN) secara serentak.  Saat ini,  Naskah soal UN mulai didistribusikan. Naskah nantinya akan digunakan untuk peserta yang akan mengikuti Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Suhendi mengatakan, Naskah UN SMP sudah didistribusikan dari Provinsi Banten, Jumat (20/04/2018) dan saat ini telah disimpan di SMP Negeri 7.

“Hari ini kita terima itu ujian nasional berbasis kertas dan pensil. Tadi jam 09.00 wib kita menerima naskah soal dari provinsi dan diserahterimakan ke panitia sub rayon SMP dan MTS, ” Ungkapnya.

Suhendi memaparkan, penyelenggaraan UN SMP di Cilegon belum dapat diselenggarakan 100 persen dengan Ujian Nasional dengan Basis Komputer (UNBK). Sekalipun belum seluruh SMP dapat menyelenggarakan UNBK namun jumlah sekolah yang mengikuti UNBK 2018 mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Diketahui, Dari 84 SMP sederajat, 17 SMP Negeri dan 28 Sekolah MTS akan menyelenggarakan UNBK sedangkan 28 SMPN dan 14 sekolah MTS akan melaksanakan UNKP.

“Ini ada trend naik penyelenggaraan UN tahun ini dan tahun kemarin. Jumlah peserta tahun ini bertambah dan peningkatannya 100 persen. Yang semula hanya 6 sekolah sekarang menjadi 17 sekolah untuk SMP. MTS yang tidak sama sekali, sekarang sudah 28 MTS,” Ungkapnya.

Sementara terkait dengan peserta kelas IX yang mengikuti UN, sambungnya, akan diikuti sebanyak 7.644 siswa. Sebanyak 2.820 siswa masih melaksanakan UNKP.
“untuk SMP peserta UNBK sebanyak 2.738 siswa, dan peserta UNKP 2.167 siswa.  Sementara untuk MTS yang UNBK sebanyak 2.086 siswa dan UNKP itu sebanyak 653 siswa, ” Tandasnya.

Terkait dengan pengamanan naskah UNKP, kata Suhendi, pihaknya beserta panitia serta Polres Cilegon akan melakukan koordinasi untuk menjaga keamanan soal dan lembar jawaban itu tidak bocor. Naskah akan didistribusikan ke sekolah saat UN dilaksanakan mulai dari 23 sampai 26 April 2018, pekan depan.

“kita, panitia akan melakukan koordinasi dengan panitia dibantu polres cilegon. Nanti, ada petugas dari MKKS, dinas dan ada petugas dari Polres juga yang menjaga. Insya Allah, pengamanan soal tetap terjaga dan tidak ada kebocoran soal, ” Tuturnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here