CILEGON, SSC – Sebanyak 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Cilegon masih menumpang ikut Ujian Negara Berbasis Komputer (UNBK) ke beberapa sekolah. Kondisi tersebut dilatarbelakangi karena belum tersedianya sarana yang memadai.

”Memang benar masih ada sekolah di Cilegon yanh belum bisa mandiri alias masih menumpang di sekolah lain untuk UNBK. Penyebabnya, karena, persoalan server yang tidak bisa link ke server. Untuk bisa link ke server, itu harus disasar agar sekolah di Cilegon dapat mandiri,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Muhtar Gojali saat memantau UNBK di SMPN 1 Kota Cilegon, Senin (22/4/2019).

Meski demikian, Muhtar mengklaim, pelaksanaan UNBK tahun ini berjalan lancar tidak ada kendala apapun. Meski, masih terdapat beberapa sekolah yang menyelenggarakan hingga 3 shift UNBK.

“Alhamdullilah bapak udah pantau di dua sekolah, SMP 1 dan SMP 2. Secara teknis, server dan listirk tidak ada masalah apa-apa. Kalau pun ada sekolah yang menyelenggarakan hingga 3 shift itu karena persoalan server aja. Seperti di SMP 1 ini, ada sampai 2 shift. Mudah-Mudahan aja tidak akan terganggu dengan dilakukanya 2-3 shift ini,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Cilegon, Edi Ariadi, mengaku, salah satu persoalan masih ada sekolah menumpang UNBK karena ketidaktersediaan anggaran. Dengan kondisi ini, ia meminta agar untuk lebih bersabar.

“Yah bertahaplah. Kalau semuanya diakomodir kita (Pemkot,red) juga yang repot. Nantilah, Pak Muhtar (Kadis Pendidikan Cilegon,red) yang atur. Mana yang masih prioritas mana yang kita tinggalin dulu,” ucap Edi usai memantau.

Meski masih ada yang menumpang, kata Mantan Kepala Bappeda Cilegon ini, ploting anggaran 20 persen untuk pendidikan sudah sesuai dengan peruntukannya.

“Kendalanya satu, picis (uang)! Anggadan kan harus kita bagi-bagi. Kita tuh punya SD, SMP. Meski terbentur anggaran, rasio untuk pendidikan dan belanja pengawai masih besar untuk pendidikan diatas 20 persen. Saya sih ingin, tahun ini, Cilegon dapat peringkat ke 1 untuk UNBK,” tandasnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here