Suasana Rusunawa di Kelurhaan Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Selasa (3/11/2020). Foto Fathul Rizkoh/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Pemerintah Kota Serang sudah mulai membahas berbagai persiapan menjadikan Rusunawa Margaluyu sebagai Ruang Isolasi Pasien Bergejala Covid-19. Satu diantaranya dengan menyediakan fasilitas 70 kamar untuk ruang perawatan pasien.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim), Iwan mengatakan, sejauh ini pihaknya terkait penyediaan ruang perawatan untuk pasien Covid-19 telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes). Dari sebanyak 70 ruangan yang disiapkan, kata dia, masing-masing ruangan nantinya akan diisi dua orang pasien.

“Sehingga total keseluruhan pasien yang akan menempati sebanyak 140 pasien,” ungkapnya, Senin (9/11/2020).

Selain menyiapkan ruangan, lanjut dia, pihaknya juga menyediakan fasilitas lainnya. Fasilitas itu seperti penyediaan kipas angin, bantal, seprai, selimut, kebutuhan air, listrik dan sebagainya.

Baca juga  2 Pegawai Pengadilan Agama Serang Positif Covid-19, Persidangan Ditutup Sementara

“Kita penyedia tempat dan beberapa fasilitas yang bisa difasilitasi oleh Perkim. Sementara kebutuhan pasien dipenuhi oleh Dinkes,” ujar Iwan.

Sementara, Kepala Dinkes Serang, M Ikbal mengaku, Dinkes turut terlibat bertanggung jawab menyiapkan kebutuhan yang berhubungan langsung dengan pasien. Baik penyediaan tenaga medis, makanan, obat-obatan, APD maupun yang lainnya.

Untuk fasilitas makan, beber Ikbal, pasien akan disediakan tiga kali sehari. Sementara terkait jumlah petugas kesehatan disiapkan sebanyak 12 orang.

“Rencana ini (Rusunawa) sampai Desember, nanti kalau masih ada (pasien) kita anggarkan pada Januari. Pasien tidak di kenakan biaya,” tegasnya.

Ikbal juga menyinggung, rusunawa nantinya akan steril dari masyarakat. Rusunawa hanya untuk tempat isolasi pasien.

Baca juga  Penjabat Sekda Nanang Yakin Pendistribusian Vaksin Covid-19 di Serang Aman

“Petugas seperti petugas kesehatan, kebersihan (OB) serta petugas keamanan yang diberi akses keluar masuk. Tidak ada masyarakat luar. Rusunawa akan steril hanya untuk pasien Covid-19 dan tenaga yang bertugas,” tuturnya.

Pihaknya berharap, seluruh fasilitas sudah bisa disiapkan pada Kamis, 12 November 2020. Sehingga rusunawa yang ada di Kecamatan Kasemen ini bisa diresmikan Walikota Serang, Syafrudin pada Jumat, 13 November 2020 mendatang.

“Rencananya saat peresmian, pak Walikota Serang, Syafrudin akan memberikan penyataan terbuka mengenai tempat isolasi pasien Covid-19 di Rusunawa,” harapnya. (SSC-03/Red)