Basarnas Banten mengevakuasi salah seorang Kru KMP Batu Mandi yang terjatuh dan diselamatkan kapal Tugboat Marina di Perairan Merak, Cilegon, Minggu (9/9/2018). Foto Ist

CILEGON, SSC – Seorang Anak Buah Kapal (ABK) KMP Batu Mandi terjatuh di Perairan Merak, Kota Cilegon, Minggu (9/9/2018). Belum diketahui penyebab jatuhnya kru kapal bernama Lalu (26) ini, namun Tim SAR Gabungan langsung bergerak untuk melakukan tindakan penyelamatan.

Informasi jatuhnya korban diketahui terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Kejadian itu diketahui oleh Kepala Stasiun VTS Merak, Entris Sutrisman setelah mendapat informasi dari pihak KMP Batu Mandi yang saat itu kapal dalam perjalanan dari Lampung menuju Jakarta. Sebelum kejadian, Kru kapal asal Lombok itu tengah berada di pinggir kapal namun tiba-tiba terjatuh. Korban terjatuh dan tersangkut di Tongkang Sun Flower 1005 yang ada di Perairan Pulau Merak Kecil. Informasi itu pun kemudian disebar ke tim SAR untuk proses pencarian dan pertolongan.

“Informasi pertama dari VTS Merak itu, kita langsung bergerak ke lokasi. Kita turun 1 tim dengan menggunakan perahu karet dibantu ASDP dan nelayan setempat,” ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Banten, Zaenal Arifin dikonfirmasi.

Korban, kata Zaenal berhasil di evakuasi dengan perahu karet sekitar pukul 18.30 WIB setelah sebelumnya berhasil diselamatkan oleh kapal tugboat Marina 23.

“Kondisinya dalam keadaan lemas dan kita evakuasi menggunakan perahu karet basarnas banten menuju darat dan di bawa ambulance ASDP ke RS untuk di lakukan perawatan di Krakatau medika,” terangnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here