Suasana keluar masuk kapal di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kota Cilegon. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Jumlah pemudik di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon diprediksi akan naik 15 persen pada Angkutan Hari Lebaran 2019 ini. Antrean kendaraan pun diprediksi akan terjadi. Saat ini pemerintah tengah berupaya untuk mengurai antrean dengan berbagai cara salah satunya menggunakan pelabuhan-pelabuhan sekitar.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten, Nurhadi mengatakan, pemanfaatan pelabuhan di sekitar Pelabuhan Merak menjadi salah satu upaya untuk mengatasi bila terjadi antrean pemudik. Hal ini menjadi arahan yang disampaikan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi saat melangsungkan rapat koordinasi di Dermaga Eksekutif, Pelabuhan Merak, Sabtu (11/5/2019) lalu.

Untuk menjalankan upaya itu, kata Nurhadi, pihaknya telah berkoordinasi dengan 4 pelabuhan yang ada di Banten baik Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya (BBJ), Pelabuhan Indah Kiat Merak, Pelabuhan PT Krakatau Bandar Samudra (KBS) dan Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Banten. Dari hasil pembahasan, Lintasan Pelindo Banten-Pelabuhan BBJ dianggap paling layak untuk digunakan mengangkut pemudik. Opsi ini, kata dia, masih akan diuji coba.

“Kemarin kan saya survei. Saya mengundang KSOP, Gapasdap, INFA dan BPTD. Kami sudah ke empat pelabuhan hari Selasa (14/5/2019). Itu BBJ Bojonegara, Indah Kiat Merak, KBS dan Pelindo II di Ciwandan. Di hari Rabu (15/5/2019), saya undang rapat semua unsur. Kami bicara, yang memungkinkan untuk kapal roro adalah Ciwandan di Dermaga 6. Makanya saya bersurat dari kemarin sore ke teman-teman untuk uji coba,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, otoritas-otoritas baik KSOP, ASDP, Gapasdap, Infa dan BPTD yang ada di Bakauheni tengah membahasnya bersama. Hasil uji coba akan disampaikan segera.

“Paling lambat hasilnya besok dari Bakauheni. Nanti akan kita evakuasi, kekurangan apa dan sebagainya,” terangnya.

Dijelaskan Nurhadi, Fasilitas 7 dermaga baik di Pelabuhan Merak dan Bakauheni tidak dapat di operasikan sepenuhnya. Salah satunya, Dermaga 4 di Pelabuhan Bakauheni. Oleh karena itu, pihaknya akan menggandeng Pelabuhan BBJ Bakauheni bilamana pada puncak mudik terjadi antrean pemudik saat dermaga 4 Bakauheni belum dapat digunakan.

“Sekarang (Dermaga yang siap di Pelabuhan Merak) ada 6 dermaga. Di Bakauheni, ada 6 juga. Kalau di Bakauheni kecuali dermaga 4. Kalau (dermaga 4 Pelabuhan Merak) disini, saya sudah bersurat ke ASDP untuk dilakukan perbaikan. Jadi bisa disiagakan bila malam hari butuh. Jadi kalau (Dermaga 4) disini masih bisa dipakai, makanya saya minta ASDP untuk mempersiapkan itu,” tuturnya. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?