Pengamanan KSKP Merak terhadap penumpang yang akan masuk di Pelabuhan Merak, Cilegon (Foto Dok)

CILEGON, SSC- Kepolisian Resort Kota Cilegon bersama dengan PT. ASDP Cabang Merak dan institusi lainnya melakukan rapat koordinasi di Mapolres Cilegon dalam membahas persiapan arus mudik Lebaran 2018. Salah satu hal dibahas diantaranya terkait dengan rekayasa lalu lintas pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera dari Pulau Jawa melalui Pelabuhan Merak.

“Jadi mulai dari area mau masuk ke Pelabuhan sampai di pelabuhannya, kita akan buat mekanisme atau sistem arus keluar dan arus masuk,” ungkap Kapolres Cilegon, AKBP Rizki Agung Prakoso, Senin (21/5/2018).

Terkait dengan pengamanan di area Pelabuhan Merak, Kata Kapolres, pengamanan dilakukan secara gabungan. Baik personil Polda, Polres dan unsur kepolisian lainnya akan fokus pengamanan di Pelabuhan Merak pada tujuh hari sebelum (H-7) sampai tujuh hari sesudah (H+) Lebaran.

“Sekitar kuran lebih 280 personil. Itu nanti gabungan. Personil akan kita turunkan H-7 sampai H+7 plus dua hari lebaran jadi 16 hari (pegamanan),” tuturnya.

Sementara tentang isu ataupun aksi terror bom yang dikwatirkan banyak masyarakat, kata Kapolres, masyarakat tidak perlu resah dan dapat tetap tenang. Pihaknya secara khusus akan meningkatkan kesiapsiagaan secara penuh.

“Tentunya itu akan menjadi salah satu perhatian kita untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan. Intinya secara kuantitas kita mungkin akan sama seperti kemarin. Cuman kualitas kesiapsiagaan anggota yang akan ditingkatkan,” urainya.

Sementara itu, General Manajer PT. ASDP Merak, Fahmi Alweni mengatakan, rapat itu menjadi upaya dan langkah awal pihaknya berkoordinasi dengan Polres Cilegon, BPTD Banten dan instansi lainnya membahas persiapan mudik. Beberapa hal yang dikoordinasikan terkait atensi pengamanan disejumlah titik rawan kejahatan baik di dalam pelabuhan maupun Terminal Terpadu Merak. Antensi lain juga turut dibahas terkait rekayasa lalin pemudik.

“Kita sudah koordinasikan baik simpul-simpul kemacetan, simpul-simpul wilayah yang rawan sudah disampaikan oleh Pak Johnny (Kepala BPTD Banten), khususnya di Terminal. kepada Pak Kapolres,  itu kita sampaikan dan ditindaklanjuti untuk penempatan personil disana,” paparnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here