CILEGON, SSC – Dalam merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah, Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Bakal Calon Wali Kota Cilegon, Dede Rohana Putra membagikan ribuan paket daging kurban kepada masyarakat dan tim pendukungnya.

Pada pemotongan hewan kurban, Dede Rohana Putra memiliki alasan tersendiri memilih menyembelih hewan kurbannya sendiri. Ini dilakukannya sudah sekira 10 tahun berturut-turut.

Dede mengungkapkan alasannya memotong sendiri hewan kurban yang akan ia distribusikan di Hari Idul Adha ini termasuk pada tahun-tahun sebelumnya.

“Alasan memotong hewan kurban sendiri untuk meresapi di mana dulu nabi Ibrahim menyembelih anaknya yang diganti dengan kambing. Jadi kita merasakan betul harga sapi yang sekian puluh juta harus kita sembelih, sehingga kita merasakan betul bagaimana rasa mengorbankan harta kita,” ungkap Dede, Selasa (18/6/2024).

Baca juga  Pengurus DPW ISAA Banten 2024-2028 Dilantik, Ini yang Disampaikan Ketum DPP Aris

“Kalau motong sendiri ada sensasi kita berkorbannya berbeda, makanya saya setiap tahun dari sekian banyak (Yang dikorbankan) itu setengahnya saya potong sendiri,” sambung Ketua Komite Pemenangan Pemilu Wilayah (KPPW) PAN Banten itu.

Dede mengungkapkan esensi berkurban pada saat Idul Adha. Bahwa Perayaan Hari Idul Adha dilakukan untuk berbagi bersama sesama.

“Bagi saya idul kurban itu waktunya kita berbagi kebahagiaan, khususnya yang diajarkan nabi Ibrahim kita harus berkorban, bahkan nabi Ibrahim mengorbankan nyawa anaknya walapun waktu itu diganti dengan kambing. Maka hari ini kita juga harus mengorbankan harta kita, buat masyarakat, kolega, teman-teman terdekat,” ucapnya.

Pada pemotongan kurban tahun ini, kata Wakil Ketua DPW PAN Banten ini, dirinya melakukan pembagian dengan dua tahap. Pada hari pertama, kurban yang dilakukan bersama keluarga kolega dan tetangga terdekat saja.

Baca juga  Helldy-Alawi Resmi Terima SK DPP PAN Bertarung di Pilkada Cilegon 2024

“Baru hari kedua ini kurban nya kita sebar, di seluruh masyarakat di Kota Cilegon khususnya jaringan tim sukses yang hari ini,” terang Dede.

Pada tahun ini, kata Mantan Ketua Ikatan Mahasiswa Cilegon, dirinya membagikan ribuan paket daging kurban.

“Kemarin sekitar 400 paket karena hanya untuk tetangga dan keluarga. Untuk hari ini kita target dapat 1.350 paket daging kurban untuk tim sukses dan masyarakat sekitar,” paparnya.

Dalam pembagian paket kurban, Dede Rohana juga menjelaskan mengapa mengemas hewan kurban menggunakan kap plastik. Hal itu agar daging kurban dapat ditutup rapat sehingga penerima dapat mudah membawanya.

“Dikemas dengan kap plastik agar lebih rapih, tidak cepat basi ataupun rusak, biar tempat toplesnya masih bisa dipakai di rumah biar manfaat juga,” pungkasnya. (Ronald/Red)