Ketua DPRD Kota Cilegon, Isro Miraj berfoto selfie dengan mahasiswa Politeknik Krakatau usai kegiatan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Cilegon, Kamis (25/1/2024). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – DPRD Kota Cilegon menerima kunjungan mahasiswa dari Perguruan Tinggi Politeknik Krakatau, Kamis (25/1/2024). DPRD Kota Cilegon menerima kunjungan mahasiswa untuk memberikan edukasi politik.

Kunjungan mahasiswa tersebut diterima oleh Ketua DPRD Kota Cilegon, Isro Mi’raj. Mahasiswa langsung mengikuti kegiatan jalannya sidang paripurna layaknya anggota dewan saat di Ruang Sidang Paripurna DPRD Cilegon.

Ketua DPRD Kota Cilegon, Isro Mi’raj mengatakan, pihaknya dalam menerima kunjungan mahasiswa memberikan pengenalan tentang DPRD yang merupakan bagian dari edukasi demokrasi politik. Pada kesempatan tersebut, ia turut menyampaikan tugas dan fungsi anggota DPRD, alat kelengkapan dewan (AKD) hingga tugas dan fungsi komisi.

“Kita menyampaikan tupoksi DPRD, apa saja AKD di DPRD kemudian komisi satu tugasnya apa, komisi dua apa tugasnya. Jadi mereka yang memohon untuk diberikan terkait dengan edukasi politik, demokrasi politik,” ungkap Isro.

Isro berpandangan, generasi muda seperti para mahasiswa yang merupakan kaum milenial saat ini sudah melek dengan politik. Cara mereka untuk mengetahui politik bukan hanya dengan datang ke DPRD saja tetapi ada sebagian mahasiswa lain sudah terjun memberikan pendidikan politik.

“Itu sering berulangkali sampaikan di berbagai momentum baik organisasi kepemudaan. Sejumlah organisasi banyak datang ke saya, mereka akan jambore. Mereka akan mendirikan pendidikan Pemilu. Jadi itulah, semakin masif anak-anak mileneal, melek akan politik, semakin bagus demokrasi yang kita miliki,” tuturnya.

Isro mengharapkan bagi mahasiswa yang sudah mengerti politik ditengah saat ini telah memasuki Pemilu dapat turut berpartisipasi. Partisipasi itu bisa ditunjukan dengan mengajak keluarga dan tetangga untuk datang ke TPS pada hari pencoblosan nanti.

“Minimal serendah-rendahnya mereka datang ke TPS, sebaik-baiknya mereka ajak keluarga, ajak ke tetangga. Bagaimana pun, politik itu penting. Karena apa, di TPS itu kita menentukan pemimpin bangsa,” terangnya.

Pada kunjungan itu, Isro menyampaikan bahwa pihaknya tidak hanya memberi pengarahan tentang edukasi politik tetapi juga mendoakan agar para mahasiswa dapat menjadi pemimpin bangsa kedepan.

“Tidak hanya mengarahkan tapi saya juga mendoakan. Tadi saya mendoakan (mahasiswa) yang di depan saya ini menjadi pemimpin di masa akan datang,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Direktur 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Perguruan Tinggi Politeknik Krakatau, Faslinatin Naumi berterimakasih atas kegiatan yang terselenggara. Setidaknya dari kunjungan tersebut memberikan manfaat yang besar kepada mahasiswa mengetahui bagaimana sistem politik di Kota Cilegon.

“Kegiatannya untuk supaya tahu sistem politik di Indonesia terutama yang skala kecil seperti di Kota Cilegon. Makanya tadi kita praktek langsung. Tadi seperti yang dijelaskan Pak Isro, komisi yang ada di DPRD Cilegon, bagian bagiannya. Jadi mahasiswa terbuka tentang sistem politiknya. Mau tidak mau kita juga harus tahu tentang sistem politik di Indonesia, sistem demokrasi,” tuturnya. (Ronald/Red)