Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Banten, Ameriza M. Moesa," Selasa (13/2/2024). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Banten akan menyiapkan uang layak edar senilai Rp 4,57 triliun untuk menghadapi masa Ramadan, Idul Fitri dan Pilkada 2024. Besaran dana itu jauh lebih tinggi dari jumlah uang kartal yang BI siapkan untuk Ramadhan dan Idul Fitri 2023 sebesar Rp 3,78 triliun.

Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Banten, Ameriza M. Moesa mengatakan meningkatnya uang receh yang disiapkan BI Banten tahun ini, karena  tahun ini berdekatan waktunya dengan masa Pilkada serta Ramadhan dan Lebaran.

“Makannya tahun ini penukaran uang receh ada kenaikan di tahun lalu. Tahun ini kenaikanya mencapai 21 persen. Pada lebaran 2023, penukaran uang receh yang disiapkan mencapai Rp 3,78 triliun,” kata Ameriza kepada Selatsunda.com,” Selasa (13/2/2024).

Baca juga  Jadi Tuan Rumah POPDA XII Banten 2026, Kota Cilegon Pasang Target Juara 1

Ia menjelaskan, besaran uang itu juga disiapkan mempertimbangkan daya beli masyarakat yang terbilang masuk cukup baik serta banyak caleg-caleg yang membutuhkan penukaran uang untuk hal positif.

“Contohnya, para caleg ini mulai menyewa pangung, menyewa artis untuk hajatan saat Pemilu. Kedua, faktor investasi juga mengalami peningkatan. Ketiga, permintaan konsumsi masyarakat mengalami peningkatan yang mana yang tadinya tidak beli makanan tapi karena ramadhan jadi beli. Yang tadinya ga mau beli kolak pas Ramadhan jadi beli kolak,” jelasnya.

Masih kata Ameriza, BI Banten juga telah menyiapkan 11 titik lokasi penukaran uang receh yang tersebar di Banten. 11 titik lokasi ini, diantaranya, Alun-alun Kota Serang, Alun-alun Kota  Cilegon, Alun-alun Kabupaten Pandeglang, Alun-alun Kota Rangkas Bitung, Pasar Cipanas dan Halaman Masjid KP3KB. (Ully/red)