Kaposda BIN Kota Cilegon Mayor Inf Suatril memberikan bantuan sembako bagi warga yang terdampak PPKM Darurat,” Minggu (18/7/2021). Foto : Dokumentasi BIN Banten

SERANG, SSC – Badan Intelijen Negara (BIN) Banten menggelar vaksinasi Covid-19 secara door to door yang digelar di 3 titik di Banten, yaitu, Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon.

Kepala BIN Daerah Banten, Brigjen TNI Cahyono Cahya Angkasa menjelaskan Dia menjelaskan, metode vaksinasi yang digunakan BIN mengadopsi metode vaksinasi door to door yang digunakan beberapa negara.

“Metode ini mampu meningkatkan partisipasi vaksinasi karena dapat menjangkau keluarga yang belum mempunyai akses dan yang takut keluar rumah untuk menghindari tertular Covid-19,” kata Brigjen TNI Cahyono Cahya Angkasa,” Minggu (18/7/2021). 

Cahyono menambahkan, dalam penyelenggaraan vaksin ini, BIN Banten menargetkan 500 warga di vaksinasi yang tersebar di tiga titik penyelenggaraan vaksinasi.

Baca juga  Wali Murid SDN di Cilegon Keluhkan Pembelian Buku Paket Ditengah Pandemi

“Untuk kita yang ada di wilayah harus saling bersinergi untuk lebih mengoptimalkan pelaksanaan vaksin ini kepada masyarakat,” tambahnya. 

Selain kegiatan vaksinasi door to door, lanjutnya, BIN juga memberikan bansos yang berisi sembako dan vitamin untuk menguatkan masyarakat di masa PPKM Darurat.

“Selain kegiatan vaksinasi, BIN juga memberikan bansos berupa sembako dan paket vitamin imunitas Covid-19. Meski jumlahnya tidak banyak, minimal bantuan sembako ini dapat meringankan beban masyarakat,” lanjutnya.

Disampaikannya, vaksinasi ini akan terus berkelanjutan. Sebagaimana kata dia, sebelumnya BIN Banten juga sudah melakukan vaksinasi pelajar dan masyarakat di daerah Tangerang Raya.

“Kegiatan ini akan berkelanjutan, seperti contoh kita kemarin lakukan vaksinasi untuk Masyarakat, pelajar SMP dan SMA di Tangerang Raya, kita lakukan vaksinasi sampai mencapai hampir 3.000 yang kita vaksin,” terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti, mendukung upaya yang dilakukan oleh BIN dalam membantu program Pemerintah mempercepat vaksinasi bagi masyarakat Banten.

“Dinas Provinsi Banten mendukung langkah BIN, dengan membantu ketersediaan vaksin dan juga mendukung dengan tenaga kesehatannya”, pungkas Ati. (Ully/Red)