Danramil Kodim 0623 Cilegon menyerahkan obat gratis untuk pasien isolasi mandiri (isoman) covid-19. Foto : Dokumentasi Kodim 0623 Cilegon

CILEGON, SSC – Kota Cilegok menerima jatah 904 paket obat gratis untuk Pasien Isoman Covid-19 yang diberikan oleh pemerintah pusat. 904 tablet obat gratis ini akan diberikan kepada warga Cilegon yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Wakil Ketua I Satgas Covid-19 sekaligus Dandim 0623 Cilegon Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon menuturkan, Kota Cilegon telah menerima obat gratis untuk pasien isoman Covid-19 pada, Jumat (16/7/2021) kemarin. Obat-obatan tersebut terbagi ada paket 2 dan paket 3.

“Memang rencanya kita (Kodim Cilegon) dapat 904 paket obat. Tapi baru turun sekitar 30 persen atau sebesar 133 paket obat. Paket obat ini terbagi atas paket 2 sebesar 133 obat dan paket 3 sebanyak 133 obat. Hari Jumat kemarin udah kami terima. Obat tersebut lngsung kami distribusikan ke masing-masing Koramil yang masuk dalam teroterial Kodim 0623 Cilegon. Sehingga dari petugas di Koramil yang menyerahkan bantuan obat ini bersama dokter di puskesmas untuk pasien covid-19 yang menjalani isoman di rumah,” tutur Dandim kepada Selatsunda.com melalui telepone selurernya,” Minggu (18/7/2021).

Dandim menjelaskan, pemberian obat gratis untuk pasien isoman Covid-19 tidak sembarangan diberikan. Tetapi, harus mendapatkan resep dan pantauan dari dokter puskesmas yang merawat pasien yang menjalani isoman covid-19.

“Dokter di puskesmas kan punya data mereka (pasien isoman) tuh. Apakah si pasien ini punya penyakit kormobit/bawaan gak? Dia punya penyakit asam lambung? Otomatis kalau dia (pasien) ini punya penyakit kormobit/bawaan tidak mungkin di kasih semua obatnya. Kita batasi total paket obatnya,” jelas Dandim.

Masih kata Ageng, isi paket 2 dan 3 yang ia terima ini berbeda-beda jenis. Namun, isi per paket ada 6 jenis obat. Seperti, di dalam paket 2 berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai keluhan panas dan kehilangan penciuman.

Sementara untuk paket 3 berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai keluhan panas dan batuk kering.

Dandim mengaku, jika obat-obatan gratis untuk pasien isman covid-19 ini sudah mulai didistribusikan melalui Puskemas dengan penjagaan ketat dari TNI/Polri. Untuk sisa 771 paket obat gratis ini rencanaya akan dikirimkan oleh pemerintah pusat secepatnya.

“Yah kalau obat-obatan yang ada di kita sudah habis, nanti kami (Kodim Cilegon) akan ajukan kembali. Pembagian obat gratis ini sebagai langkah pemerintah dalam mengantisipasi kelangkaan obat khsusunya untuk pasien Isman covid-19 di rumah,” pungkas Dandim.

Disinggung total warga yang menjalani Isman di lingkup teroterial Kodim Cilegon sebanyak 1213 orang. Sementara untuk kecamatan di Kota Cilegon yang terbanyak berada di wilayah Kecamatan Cilegon dan Kecamatan Ciwandan sebanyak 30 orang.

“Kalau hasil data yang kita punya, wilayah Kecamatan Cilegon dan Kecamatan Ciwandan,” pungkasnya. (Ully/Red).