Paguyuban Kuda Kota Cilegon bersama polisi membagikan ratusan masker dan susu murni kepada pengguna jalan di wilayah Kecamatan Cibeber, Selasa (20/10/2020). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Berbagai macam cara dilakukan masyarakat untuk berbakti sosial ditengah pandemi Covid-19. Ada cara yang biasa dan ada juga yang melakukannya dengan unik.

Cara unik pun dilakukan salah satu paguyuban di Kota Cilegon. Kuda yang biasa ditemui di arena dan peternakan, kini dijumpai di sejumlah titik jalan di wilayah Kecamatan Cibeber. Dengan ditunggangi sang kusir, bantuan berupa ratusan masker dan susu murni dibagikan gratis ke pengguna jalan yang melintas.

Penasehat Paguyuban Berkuda Cilegon Ibnu mengatakan, pemberian 300 pieces masker dan 200 buah kotak susu merupakan baksos membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Pembagian yang sekaligus memperkenalkan komunitas berkuda ini dimaksudkan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Baca juga  Warga Kepuh Keluhkan Hujan Debu Batubara dari Pabrik Industri

“Kami beranggotakan 30 anggota membagikan masker dan susu murni di tiga titik di Kota Cilegon. Yaitu, Polsek Cibeber, Bunderan Cibeber dan Depan Kantor Kecamatan Cibeber. Dengan tujuan yang sama dengan pemerintah, memutus penyebaran Covid-19,” kata Ibnu kepada Selatsunda.com, Selasa (20/10/2020).

Ia menambahkan, aksi sosial ini baru pertama kali digelar. Meskipun begitu, pihaknya mengaku bangga bisa berpartisipasi membantu pemerintah mencegah penyebaran virus Corona.

“Aksi sosial ini baru pertama kali kami gelar. Tapi tidak menutup kemungkinan akan terus kami lalukan guna menekan penyebaran virus corona di Cilegon,” tambahnya.

Ia berharap, bentuk kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran dalam mewaspadai Covid-19. Pihaknya pun  meminta masyarakat memperhatikan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (menggunakan masker, menjaga jarak dam mencuci tangan) saat berkegiatan baik di dalam maupun di luar rumah.

Baca juga  Warga Kepuh Keluhkan Hujan Debu Batubara dari Pabrik Industri

“Yang lebih penting 3M perlu ditingkatkan. Dan jangan lupa, masyarakat juga harus rajin berolahraga agar terhindar dari berbagai penyakit apapun,” harapnya. (Ully/Red)