Kepala Bidang Pengelolaan dan Pengawasan Sampah pada DLH Cilegon, Muhriji. (Foto Ronald/Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon mengaku optimis realisasi pendapatan asli daerah dari retribusi sampah pada 2023 dapat melampaui target yang ditetapkan.

Kepala Bidang Pengelolaan dan Pengawasan Sampah pada DLH Cilegon, Muhriji mengatakan, realisasi retribusi sampah hingga September 2023 yang dihasilkan dari Kota Cilegon mencapai Rp 3 miliar. Jika dihitung dengan retribusi sampah yang diperoleh dari Kabupaten Serang diperkirakan keseluruhannya dapat mencapai RP 7 miliar.

“Untuk sampai saat ini retribusi sampah yang kita hasilkan dari Cilegon sendiri sudah Rp 3 miliar. Kalau ditambah dengan Serang kemungkinan bisa mencapai Rp 7 miliar,” ujarnya, Selasa (3/10/2023).

Muhriji menyatakan, target retribusi sampah setiap tahunnya meningkat. Pada APBD Reguler 2022, target ditetapkan Rp 1,8 miliar yang kemudian pada Perubahan ditetapkan naik menjadi Rp 2,8 miliar. Pada tahun itu, realisasi retribusi sampah mencapai Rp 4,4 miliar.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Sementara pada APBD Reguler 2023, target retribusi sampah ditetapkan Rp 2,2 milar dan pada Perubahan ditetapkan naik menjadi Rp 7 miliar.

Pihaknya, kata Muhriji, optimis realisasi retribusi sampah hingga Desember nanti dapat melampaui target.

“Dari hasil realisasinya kami optimis, bisa surplus. Dari komposisinya di luar (retribusi sampah) dari Serang, dari sisi target di Reguler, kita sudah melampaui. Kalau dihitung, kita tercapai kalau melihat dari target reguler,” paparnya.

Bahkan, lanjut Muhriji, jika ditambah dengan retribusi sampah yang dihasilkan dari Kabupaten Serang maka diperkirakan dapat mencapai Rp 10 miliar.

“Rata-rata kalau (retribusi sampah) dari Kabupaten Serang itu perbulan Rp 500 juta, berarti setahun sekitar Rp 6 miliar. Kalau sampai Desember kerja sama dengan Serang terus berlanjut, mungkin bisa sampai Rp 10 miliar,” terangnya.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Ia mengungkapkan, sumber PAD dari retribusi sampah di Kota Cilegon diperoleh dari industri dan rumah tangga. Pihaknya dalam merealisasikan target tetap mengedepankan pelayanan yan diberikan kepada masyarakat.

“Sekarang ini dari Cilegon sudah Rp 3 miliaran, itu dari industri dan lingkungan,” pungkasnya. (Ronald/Red)