PANDEGLANG, SSC – Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Ditpolairuda) Polda Banten menggandeng sejumlah tokoh masyarakat pesisir pantai di dua kecamatan di Kabupaten Pandeglang dalam rangka mensosialisasikan pencegahan paham radikalisme dan anti Pancasila.

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Vila Brrkah Resort, Kabupaten Pandeglang, Selasa (23/7/2019) ini selain melibatkan tokoh masyarakat juga mengundang tokoh agama, nelayan dan pemuda dari Desa Muara Buniuangan, Kecamatan Wanasalam dan Desa Cikeusik, Kecamatan Cikeusik.

Plh Kasi Binmas Perairan Subdit Patroli Ditpolairuda Polda Banten, Kompol Syamsul Bahri mengatakan, sosialisasi tentang penertiban dan penegakkan hukum organisasi radikal dan anti Pancasila ini merupakan program quick win kegiatan 1 Mabes Polri. Tujuannya, kata dia, memberi pemahaman kepada masyarakat agar mewaspadai berbagai paham radikal dan anti Pancasila.

“Kegiatan ini kita sampaikan agar masyarakat pesisir mengetahui apa itu paham radikalisme. Ciri-cirinya seperti apa, penganut paham ini bagaimana, itu semua kita sampaikan supaya masyarakat dapat mewaspadainya,” ujarnya dikonfirmasi.

Syamsul menerangkan, sejauh ini banyak masyarakat yang belum memahami paham radikal apalagi tentang gerakan anti Pancasila. Dengan sosialisasi diharapkan masyarakat dapat terus menjaga keutuhan NKRI dan membantu petugas kepolisian menangkal penyebaran paham radikalisme.

“Kita berharap, masyarakat turut serta dan berperan aktif mencegah penyebaran radikalisme. Apalagi saat ini banyak berita hoaks, yang mengarah ke paham-paham itu. Maka dari itu kita sama-sama mencegahnya, bersama-sama juga kita menjaga dan menjunjung tinggi NKRI,” papar Syamsul sebagai pemateri didampingi petugas Polmas Polairuda Banten, Bripka David Pulukadang dan Bripka Dani Fiandi.

Selain mensosialisasikan pencegahan, kegiatan tersebut juga sekaligus dirangkai dengan kegiatan silaturahmi. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian sarana kontak sembako, ring bouy bendera merah putih dan teks Pancasila dari Ditpolairuda Polda Banten. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here