Ketua DPRD Kota Cilegon Endang Effendy. Foto : Dokumentasi Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Cilegon akan menggelar rapat paripurna tentang Usulan Pengesahan dan Pemberhentian Walikota dan Wakil Walikota Cilegon Periode 2016-2021 Edi Ariadi dan Ratu Ati Marliati dan Pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta terpilih pada periode 2021-2026.

Ketua DPRD Kota Cilegon Endang Effendy membenarkan jika pihaknya akan menggelar rapat paripurna DPRD Cilegon dengan dihadiri langsung Walikota Cilegon sebelumnya Edi Ariadi dan Ratu Ati Marliati serta Walikota Cilegon terpilih Helldy Agustian dan Wakil Walikota terpilih Cilegon Sanuji Pentamarta dan para calon walikota dan wakil walikota Cilegon Ali Mujahidin, Firman Mutakin, Ratu Ati Marliati, Sokhidin dan Iye Iman Rohiman dan Awab.

“Iyah rencanya besok, Kamis (28/1/2021) pukul 10.00 WIB kita akan menggelar rapat paripurna tentang usulan pengesahan pemberhentian walikota dan wakil walikota Cilegon periode 2016-2021 sekaligus pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota terpilih periode 2021-2026 di Gedung Paripurna DPRD Cilegon,” kata Endang kepada Selatsunda.com melalui telephone selurernya,” Rabu (27/1/2021).

Endang menambahkan, penyelenggaraan paripurna ini sesuai dengan Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada. Di mana, setelah 14 SK penetapan dari KPU Cilegon diserahkan selanjutnya DPRD Kota Cilegon langsubf memproses dan mengumumkan pemberhentian dan penetapan walikota dan wakil walikota.

“Kalau dalam aturanya selama 14 hari semenjak SK penetapan dari KPU kami (DPRD Cilegon,red) terima. Tapi setelah 5 hari penetapan ini, kami akan langsung memproses dan mengirimkan persyaratan tersebut ke Provinsi Banten sehingga dari Provinsi Banten mengirimkan surat pemberhentian dan penetapan tersebut ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri),” tambah Endang.

Politisi Partai Golkar Cilegon ini menuturkan berkas usulan pemberhentian Walikota Cilegon dan Wakil Walikota Cilegon rencananya akan diberikan ke Pemprov Banten pada Jumat (29/1/2021) mendatang.

“Kemungkinan dari kami (DPRD) akan mengirimkan berkas usulan pemberhentian dan pengangkatan walikota dan wakil walikota pada Jumat (29/1/2021). Karena batas akhir jabatan Pak Walikota Cilegon (Edi Ariadi) pada 17 Febuari 2021 mendatang.

Endang memastikan penyelenggaraan paripurna yang digelar ini sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 Virus Corona.

“Tetap prokes kita kedepankan. Dan undangan yang kami undang pun hanya beberapa orang dari batas gedung DPRD Cilegon,” pungkas Endang. (Ully/Red)