Salah satu fasilitas hobi yang dibangun Pemkot Cilegon. (Foto Istimewa)

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Cilegon akan membangun 2 fasilitas penyuka hobi. Pembangunan dua fasilitas hobi ini termasuk dalam janji politik Walikota dan Wakil Walikota, Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta.

Kepala Bidang Pengembangan Perumahan pada Dinas Perkim Kota Cilegon, Edi Hendarto menjelaskan, rencananya pembangunan sarana hobi di 2023 akan dibangun di Taman Kecamatan Purwakarta dan Taman Kecamatan Cibeber.

“Tahun ini hanya 2 yang dibangun. Untuk Kecamatan Purwakarta saat ini masih kita (DPRKP) pikirkan akan membangun apa. Sedangkan Taman Cibeber rencanaya akan dibuatkan Skatepark, atau skate park. Yang sebelumnya, fasilitas skatepark dibangun di Taman Al Hadid, di wilayah Kelurahan Ramanuju, tapi karena minimnya lahan, akhirnya dipindahkan di Taman Cibeber,” kata Edi kepada Selatsunda.com, Selasa (13/6/2023).

Baca juga  Dapat Penghargaan ke-76, Helldy Dinobatkan Sebagai Tokoh Pejabat Inovatif Pendorong Peningkatan SDM Melalui Pendidikan

Ia menambahkan, anggaran yang dibutuhkan untuk membangun 2 fasilitas hobi ini kurang lebih Rp 800 juta. Untuk fasilitas hobi di Taman Cibeber anggaranya sebesar Rp 500- Rp 600 juta sedangkan taman di Kecamatan  Purwakarta sebesar Rp 200 juta.

“Kalau di Taman Kecamatan Purwakarta itu lahanya cukup kecil dibandingkan yang di Taman Kecamatan Cibeber. Untuk fasilitas hobi di Kecamatan Cibeber itu memiliki luas 12×30 centimeter,” tambahnya.

Edi menjelaskan, saat ini sudah ada 3 lokasi penyuka hobi yang sudah dibangun oleh DPRKP Cilegon. Ketiganya dibangun sejak 2021 lalu, yaitu, climbing wall, sepatu roda dan kalistenik.

“Untuk climbing wall anggaran yang dikucurkan sebesar Rp 190 juta, sepatu roda Rp 190 juta dan kalistenik Rp 190 juta. Ketika proyek ini dilakukan PL (penunjukan langsung). Sedangkan tahun ini dua proyek tersebut akan dilakukan lelang,” jelasnya.

Baca juga  Pansus Raperda RPJPD Bedah Total Pembangunan Kota Cilegon di 2025-2045

Disinggung soal Ruang Terbuka Publik (RTP) yang sudah dibangun di Cilegon, sambung Edi, pihaknya sudah menyelesaikan ruang terbuka untuk maayarakat di Kecamatan Jombang, Kecamatan Cibeber, Kecamatan Purwakarta, Kecamatan Cilegon dan Kecamatan Ciwandan.

“Kalau RTP di Citangkil, Grogol dan Pulomerak itu tidak bisa dibangun di tahun ini. Sebab, kalau di Citangkul itu tersandung gagal pengadaan lahan, Kecamatan Grogol pengadaan lahanya juga gagal dan untuk Kecamatan Pulomerak itu tersandung gagal lelang,” pungkasnya. (Ully/Red)