CILEGON, SSC – Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten memeriksa nakoda kapal CB 121 Banjarmasin terkait muatan batubara yang terbakar di Perairan Merak, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Kamis (18/7/2019) lalu.

“Nakoda sudah kita panggil, sudah kita minta keterangan,” Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkatan Laut dan Usaha Pelabuhan KSOP Banten, Hotman Sijabat dikonfirmasi, Jumat (19/7/2019).

Baca : Muatan Batubara Kapal Tongkang CB 121 Terbakar di Perairan Merak

Dari pemeriksaan tersebut, kata Hotman, muatan batubara dari Kalimantan Selatan yang keagenannya ditangani PT Bahtera Adi Guna ini rencananya akan dibongkar di PLTU Suralaya. Namun karena jadwal bongkar muat berubah, kapal dilego di Perairan Merak.

Hotman melanjutkan, saksi menyebut muatan itu bukan terbakar namun hanya mengeluarkan asap. Kejadian itu diduga terjadi karena pengaruh cuaca panas.

“Suhu udara sekarang kan diatas 30 derajat lebih, ditambah tidak ada hujan tambah panas. Tambah panas, terjadilah pemuaian keluarlah asap,” terangnya.

Soal muatan yang sudah sekitar 4 hari terbakar dan tidak dilaporkan, pihaknya beranggapan bahwa hal itu akan dilaporkan agen kapal dan ditangani setelah kapal disandarkan.

“Mungkin dia pikir begini, kalau dikasih tahu juga, kapal rencana mau dibongkar, nanti sekalian bongkar sekalian disitu ditangani. Ternyata mungkin tempat sandarnya berbeda, jadwalnya mundur. Makanya kemarin ada itu, langsung diomongin,” tuturnya.

Disinggung ada dugaan pemilik atau agen kapal mengabaikan muatan terbakar dan tidak segera melaporkan ke otoritas pelabuhan, Hotman tak mengira demikian. Sejak masuk wilayah perairan Banten, kata Hotman, agen sudah mengurus izin Pemberitahuan Kedatangan Kapal (PKK). Saat ini, Laporan Keberangkatan Kedatangan Kapal (LK3) tengah diurus untuk bongkar muat.

“Kalau dibilang lalai, nggak lah. Kan ada pemberitahuan ke kita, PKK namanya itu. Kalau PKK itu masuk belum tentu itu pemberitahuan langsung untuk kapal sandar. Nanti kalau kapal sandar ada laporan.PKK-nya sudah diproses tinggal tunggu LP3-nya,” pungkasnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here