Barang bukti sepeda, hasil aksi pelaku pencurian diespos di Mapolres Cilegon, Selasa (15/9/2020). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Polres Cilegon berhasil membekuk empat pelaku residivis pencurian sepeda dari berbagai jenis dan merk.

Pelaku yang berhasil dibekuk oleh petugas yaitu, AY, NI, BK dan RP. Kejadian pencurian ini terjadi pada 9 Agustus 2020 di Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang.

Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono membeberkan sebelum ditangkap pelaku AY mengajak BK untuk merental kendaran roda empat. Usai merental mobil, pada malam hari, kedua pelaku langsung melancarkan aksi kejahata nya dengan mencuri sepeda yang terparkir di halaman rumah korbannya.

“Jadi dalam aksinya pelaku ini sudah menentukan target. Para pelaku ini mengincar sepeda yang terparkir di depan rumah. Setelah berhasil dicuri sepedanya dimasukan ke dalam mobil yang dirental itu,” kata Kapolres saat ekspos kepada media di Mapolres Cilegon, Senin (14/9/2020).

Setelah berhasil melakulan aksi, kedua pelaku membawa sepeda hasil curiannya ke rumah RP untuk meminjam gergaji untuk memotong sling gembok yang terpasang di sepeda.

“Sepeda hasil curian itu juga disembunyikan di rumah pelaku RP,” sambung Kapolres.

Dari tangan para tersangka polisi juga berhasil mengamankan sebanyak empat sepeda berbagai merk.

“Para pelaku ini juga ternyata residivis. Mereka juga beraksi sejak lama dan sudah berhasil menjual sepeda hingga ke Palembang. Hasil curian langsung dijual oleh pelaku ke Palembang dengan cara dijual secara online,” terangnya.

Senada dengan Kapolres, Kasat Reskrim Polres Cilegon, AKP Maryadi untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya ini, keempat pelaku dikenakan pasal 363 ayat (1) dan Pasal 480 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman 7 tahun penjara. (Ully/Red)