Macet kendaraan pemudik arah Pelabuhan Merak Alun-alun, Kota Cilegon, Jumat (29/4/2022). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Memasuki hari ketiga menjelang hari (H-3) Lebaran, antrean kendaraan di jalan arteri Kota Cilegon menuju Pelabuhan Merak menggular panjang hingga Alun-alun Cilegon, Jumat (29/4/2022). Antrean kendaraan dampak terpantau mulai terjadi sejak pukul 03.05 WIB.

Salah satu pemudik motor asal Jakarta Utara, Joni mengaku memilih beristirahat di trotoar DPRD Kota Cilegon, tak jauh dari ekor antrean kendaraan di Alun-alun. Ia beristirahat sejenak karena kondisi jalan macet.

“Dari rumah semalam (Kamis, 28 April 2022) jam 23.00 WIB. Kena macet di Jatake, Tangerang. Terus sampai sini juga macet,” ujarnya.

Joni mengaku hendak mudik ke Lampung Tengah. Bersama keluarga sembari menunggu arus lalu lintas kembali lancar, ia sahur di trotoar. Joni mengaku, belum membeli tiket karena khawatir hangus jika terjebak kemacetan.

Baca juga  Sekda Cilegon Instruksikan OPD Tindaklanjuti Temuan BPK

“Sudah hampir dua tahun ini enggak pulang, baru pulang ini. Tiket belum beli, kalau kita beli takutnya sampai sana jadi hangus. Makanya kita beli deket pelabuhan nanti. Ini baru pertengahan ini, belum sampai Merak ini, baru sampai Cilegon-nya ini,” terangnya.

Ekor kendaraan pemudik arah Pelabuhan Merak mencapai Perempatan Lampu Merah Kampus Unitrta

Kondisi terakhir dari pantauan Selatsunda.com hingga pukul 11.30 WIB, ekor kendaraan mencapai Perempatan Lampu Merah Kampus Untirta Cilegon. Kendaraan tampak perlahan berjalan menuju arah Pelabuhan Merak.

Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono mengatakan, saat ini lalu lintas kendaraan perlahan ditarik menuju Pelabuhan Merak. Kendaraan ditarik arah pelabuhan dengan laju kecepatan 20 sampai 30 km/jam.

“Tidak terjadi situasi yang stag, karena kami atur ritme nya betul. Sehingga kendaraan yang menuju Pelabuhan Merak bisa terangkut menuju ke Sumatera,” tuturnya.

Baca juga  Walikota Helldy Nyatakan Rotasi Mutasi Diundur, Ini Pertimbangannya

Ia menyatakan, macet kendaraan hingga masuk jalan dalam kota disebabkan karena tingginya jumlah pemudik yang menyeberang di Pelabuhan Merak.

“Yang menyebabkan kepadatan juga tentunya meningkatnya minat pemudik yang sejak malam tadi hingga saat ini, sangat luar biasa. Sehingga sepanjang malam sampai saat ini semua berjalan perlahan menuju dermaga,” pungkasnya. (Ronald/Red)