Rumah warga di Lingkungan Tegalwangi Keruwuk Ujung, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon terendam banjir, Sabtu (3/2/2024). Tangkapan Layar

CILEGON, SSC – Hujan deras yang terjadi pada Hari ini, Sabtu (3/2/2024) mengakibatkan rumah-rumah warga di sebagian wilayah di Kota Cilegon terendam banjir. Hujan juga mengakibatkan akses Jalan menuju menuju Anyer tepatnya Jalan Cilegon-Anyer, Kecamatan Ciwandan juga terendam.

Dari video yang diterima, tampak rumah warga di Lingkungan Tegalwangi Kruwuk Ujung Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, terendam banjir.

“Ayo naik-naikin barang berharganya, jebol tuh, air mulai naik,” ucap warga dalam video tersebut.

Sementara, Kepala BPBD Kota Cilegon, Suhendi coba dikonfirmasi  membenarkan sejumlah wilayah kecamatan di Kota Cilegon terendam banjir salah satunya di Lingkungan Tegalwangi Kruwuk Ujung Kelurahan Rawa Arum. Ia memperkirakan ada sebanyak kurang lebih 80 sampai 90 kepala keluarga terdampak banjir. Selain Grogol, rumah warga yang terendam juga terjadi di Ciwandan.

Baca juga  Rayakan Idul Adha, Golkar Cilegon Sembelih Hewan Kurban, 49 Sapi Disumbang Robinsar

“Iya (Lingkungan Keruwuk) terdampak (banjir). Ada kurang lebih 80 sspai 90 KK. Kemudian ada juga di Kota Sari Argabaja, kemudian juga di Ciwandan,  Gunung Sugih dan Cilodan,” ungkapnya.

Mendapati adanya laporan bajir, kata Suhendi, pihaknya langsung turun ke lokasi membantu warga untuk evaluasi. Saat ini pula, BPBD Cilegon sedang mendata seluruh warga yang terdampak banjir.

“Anggota juga sedang assesment dan mengevakuasi. Jadi kita sedang mendata dahulu,” ujarnya.

Akses jalan industri terendam banjir

Selain rumah warga, akses jalan nasional yakni Jalan Cilegon-Anyer juga terendam. Kanit Kamsel (Keamanan dan Keselamatan) pada Satlantas Polres Cilegon, Ipda Kylan Ahmad Syukur mengatakan, alur lalu lintas menuju Anyer dari wilayah Pom Bensin di Jalan Lingkar Selatan, Kepuh, Ciwandan, Kepuh dan depan Koramil Ciwandan atau Kelurahan Tegalratu, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon tak bisa dilalui kendaraan beberapa saat karena ketinggian air yang hampir setengah meter.

Baca juga  Rayakan Idul Adha, Golkar Cilegon Sembelih Hewan Kurban, 49 Sapi Disumbang Robinsar

“Untuk di depan Koramil ketinggian air mencapai 30-45 centimeter. Sedangkan di Depan Pom Bensin Kepuh ketinggian air mencapai 20-30 centimeter. Jalur lalu lintas menuju Pantai Anyer padat merayap,” kata Kylan kepada Selatsunda.com.

Ia menambahkan, akibat banjir tersebut beberapa kendaraan yang melintas mogok. Untuk menghindari kemacetan, Satlantas Polres Cilegon mengalihkan jalur lalu lintas untuk menuji ke Pantai Anyer.

“Alternatif yang kami siapkan bisa melalui Mancak keluar daek Puskesmas Simpang Pasar Anyer dan Simpang Cibaru,” tambah Kylan.

Personel yang dipersiapkan, kata Kylam ada 8 orang yang tersebar di wilayah Ciwandan, JLS dan menuju Pantai Anyer.

“Kita menghimbau kepada seluruh pengendara roda 2 dn roda 4 untuk berhati-hati dan hindari lokasi banjir,” pungkas Kylan. (Ronald/Ully/Red)