Petugas BMKG Kota Serang memeriksa prakiraan cuaca. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Warga di wilayah Banten termasuk Kota Cilegon diminta untuk mewaspadai cuaca buruk dengan potensi hujan lebat yang diprediksi terjadi pada akhir Januari 2021 ini. Peringatan dini ini dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Rabu, (27/1/2021).

Koordinator Data dan Informasi pada BMKG Kelas 1 Serang Tarjono mengatakan, curah hujan diprediksi meningkat akhir-akhir ini.
Terutama, puncak hujan diprediksi terjadi dalam dua bulan ini mulai dari Januari hingga Februari.

“Januari hingga Februari ini, memang merupakan puncak musim penghujan. Karenanya, curah hujan dan durasi hujan itu sendiri berpotensi meningkat,” ungkap Tarjono dikonfirmasi.

Ia mengungkapkan, angin kencang dan hujan disertai petir pada bulan ini pun diperkirakan berpotensi terjadi. Perkiraan itu berpotensi menyebabkan banjir dan longsor di sejumlah daerah di Banten.

Baca juga  Video Geng Motor Acungkan Pedang di Jalanan Kota Serang Viral

“Untuk Cilegon, yang dikhawatirkan bukanlah hujan di Cilegon sendiri, melainkan di Mancak, Kabupaten Serang. Itu pun yang menjadi perhatian BPBD Kota Cilegon. Mengingat saat ini, hujan bisa seharian,” tuturnya.

Pihaknya pun mengimbau agar masyarakat Kota Cilegon untuk meningkatkan kewaspadaan. Masyarakat diminta tetap tenang dengan peringatan dini yang disampaikan dan jangan sampai panik.

“Waspada, tapi jangan panik,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Cilegon Utang Sutardi menuturkan, pihaknya dengan prediksi cuaca tersebut telah meningkatkan kewaspadaan. Terutama antisipasi terhadap potensi sejumlah bencana.

“Kami terus berkoordinasi dengan BMKG, mengingat Januari dan Februari merupakan puncak musim penghujan. Tentu kami mulai meningkatkan kewaspadaan. Kami juga mengimbau agar warga untuk siap siaga,” pungkasnya. (Ronald/Red)